Rocky Minta Masyarakat Tidak Selewengkan Bantuan Benih Kedelai

    25
    0

    BUPATI Aceh Timur, Hasballah M. Thaib, meminta agar masyarakat mampu memanfaatkan dengan baik bantuan yang disalurkan pemerintah. Dia juga berharap bantuan tersebut tidak diselewengkan.

    “Artinya bila ada bantuan untuk areal 100 hektar tetapi yang dikelola hanya 50 hektar. Sementara sisanya dijadikan modal usaha lainnya. Hal itu jelas memberikan dampak negatif terhadap program yang sedang digalakkan,” katanya.

    Meskipun tidak melimpah namun setidaknya bantuan yang diberikan tersebut mampu menopang ekonomi petani di Aceh Timur. Dia mencontohkan, beberapa daerah yang telah memanen kedelai mampu menghasilkan keuntungan hingga Rp14 juta per hektarnya.

    Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Aceh Timur, Anas Johan mengatakan, areal tanam kedelai di Gampong Bukit Pala mencapai 200 hektar. Sementara di Gampong Seumanah Jaya, Ranto Peureulak mencapai 500 hektar.

    Menurutnya, petani Aceh Timur juga mendapatkan bantuan pupuk cair jenis agrobos, kapur pertanian dan legin selain bantuan benih dari pemerintah. "Kepada kelompok tani agar benih yang sudah disalurkan untuk segera ditanam agar dapat tumbuh dengan baik dan jangan dibiarkan terlalu lama,” ujarnya.[]