Ringankan Tugas Ibu, Ini Aktivitas yang Bisa Dilakukan Ayah Bersama Bayi

    19
    0

    Bayi yang baru lahir sudah pasti menguras perhatian para ibu. Tugas mengurus bayi ini akan jauh lebih ringan untuk para ibu, ketika ayah ikut membantu.

    Para ibu sebaiknya mempercayakan beberapa tugas dalam mengurus bayi pada pasangan mereka. Ketika melihat ayah bercengkerama dengan bayinya, momen tersebut sangat menyenangkan. Ibu bisa melihat bagaimana pasangan sebenarnya, apakah memang dia bisa jadi orang yang penyabar, suka bersenang-senang dan penuh perhatian.

    Ketika ayah membantu mengurus bayi, ibu bisa mengerjakan pekerjaan lainnya atau mungkin beristirahat yang pastinya sulit didapat ketika buah hati baru lahir. Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan ayah bersama bayinya seperti dipaparkan The Bumps:

    1. Saat Bayi Menyusu
    Siapa bilang ayah tidak bisa ikut berperanserta dalam proses pemberian ASI untuk bayi? Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan ayah adalah dengan menyendewakan bayi setelah dia selesai menyusu. Aktivitas ini bisa jadi ritual jika dilakukan rutin dan mendekatkan ayah dengan bayinya.

    Dukungan para ayah untuk ibu agar tetap semangat memberikan ASI juga sangat bermanfaat. Sama seperti ibu, para ayah pun bisa menggali informasi sebanyak mungkin tentang proses menyusui sehingga ketika ibu mengalami kesulitan, ada pihak yang dapat diajak berdiskusi.

    2. Saat Bayi Mandi
    Jika memang ayah punya waktu, ajak dia untuk ikut memandikan bayi. Aktivitas memandikan si kecil ini bisa menjadi momen yang dilakukan Anda dan pasangan, bukan hanya si ibu saja. Bayi pun tentunya senang karena ada banyak orang yang mengajaknya bercanda. Berbagi tugaslah dengan suami, misalnya dia yang menyabuni badan, sementara Anda mengeramasi rambut bayi. Tidak ada salahnya sesekali Anda membiarkan ayah yang memandikan si kecil jika memang sudah cukup mahir.

    3. Aktivitas Pagi Hari
    Pagi hari selalu jadi waktu tersibuk dan tersulit untuk orangtua baru. Di satu sisi Anda kurang tidur karena di malam hari bayi kerap terjaga dan pagi harinya bayi sudah bangun lagi. Bagi yang tidak dibantu asisten rumah tangga atau babysitter, bantuan suami tentunya sangat diperlukan. Sementara Anda sarapan dan menyiapkan makanan untuk suami, minta pasangan untuk mengambil alih tugas mengurus bayi. Misalnya setelah Anda mandikan, biarkan ayah yang memakaikan pampers dan pakaian pada bayi, kemudian mengajaknya berjalan-jalan sebentar. Dengan berbagai aktivitas tersebut, bayi akan semakin mengenali wajah dan suara ayahnya dan si ayah pun jadi merasa lebih dekat dengan anaknya.

    4. Momen Berdua
    Jika di pagi hari ayah tak bisa ikut membantu mengurus bayi, manfaatkan waktu malam sebelum si kecil tidur. Misalnya saat Anda akan menyiapkan makan malam, biarkan ayah dan si kecil menghabiskan waktu berdua. Aktivitas yang bisa dilakukan bisa menggendong bayi sambil mendengarkan musik atau berbaring sambil mengajak bayi bermain dengan mainan yang mengeluarkan bunyi atau hal-hal lainnya sesuai kreatifitas pasangan. | sumber : wolipop