Putaran Group A, Yunani vs Ceko: Ce-Konsistensi

    15
    0

    CEKO berharap bisa merengkuh poin pertama mereka kala bertemu dengan Juara Eropa 2004, Yunani, di Stadion Stadion Miejski, Wrocław, Polandia, Selasa malam waktu setempat.

    Kekalahan menyakitkan bagi Ceko saat bersua Rusia pada Sabtu dinihari lalu diharapkan tidak terulang lagi jika mereka tak ingin pulang lebih cepat di turnamen empat tahunan itu.

    Kiper Ceko, Petr Cech, berharap bisa membayar lunas kekalahan mereka oleh Rusia dengan melibas Yunani di laga yang dipimpin Wasit S. Lannoy itu.

    "Langkah kami berikutnya adalah berusaha memenangi laga berikutnya. Laga pertama biasanya menjadi indikasi grup, tapi laga kedua akan sangat menentukan," ujar Cech.

    Sementara kapten sekaligus jenderal lapangan tengah Ceko, Thomas Rosicky, mengingatkan rekan-rekannya untuk tidak panik menghadapi situasi seperti ini.

    "Ini kekalahan memalukan, tapi saya yakin kami masih bisa lolos dari penyisihan grup. Saya mendesak seluruh rekan untuk tidak panik, dan membayangkan kemungkinan terburuk," ujar Rosicky.

    Kekalahan telak 1-4 ini harus menjadi pelajaran bagi skuad asuhan Michel Bilek untuk laga selanjutnya yang sangat krusial melawan tim dari negeri para dewa: Yunani.

    Yunani yang berhasil menahan imbang tuan rumah Polandia dengan skor 1-1 walau sempat tertinggal lebih dulu. Tim ini juga kehilangan seorang pemainnya karena diberikan kartu merah oleh wasit.

    Yunani yang bermain dengan taktis dan sangat sabar dalam mengatur ritme permainan, akan mencoba melakukan segala cara demi meraih tiga poin. Formasi 4-3-3 tapi dengan memanfaatkan serangan balik melalui sayap-sayapnya itu bisa jadi akan menjadi mimpi buruk selanjutnya bagi Petr Cech dan kawan-kawan.

    Yunani dipastikan memanfaatkan striker yang bermain apik saat bersua Polandia, Dimitris Salpingidis, untuk menjebol gawang Cech dengan penetrasi-penetrasi yang sangat menyulitkan bek-bek lawan.

    Permainan yang lebih menekankan pergerakan di sisi lapangan sembari melepaskan umpan lambung ke jantung pertahanan lawan mungkin jadi ciri khas yang tidak akan lepas dari kubu Yunani.

    Para fans Ceko berharap pemain mereka tetap konsisten dalam bermain sehingga bisa merayakan kemenangan pertama tim kebanggaannya saat beradai di Miejski Stadium.

    Pertahanan Ceko akan menjadi sorotan utama jika kembali harus kocar-kacir saat menghadapi pemain-pemain lincah layaknya Gekas. Hal ini harus disadari betul oleh Bilek untuk benar-benar bisa memulihkan mental anak asuhannya agar bisa menjaga kedalaman permainan sekaligus menutup segala celah yang bisa dimasuki pemain lawan.

    Jika menilik dari lini belakang Ceko, Michal Kadlec memiliki penampilan paling buruk dalam menjaga sektor kanan pertahanan Ceko. Apakah dia akan tetap dipertahankan atau Bilek akan menggantinya demi menjaga kenyamanan Cech di bawah mistar gawang?

    Saya memprediksi laga ini bakal alot dan penuh drama. Hal ini bisa dikaitkan dengan permainan pantang menyerah Yunani seperti kala mereka melawan Polandia di laga pembuka yang akan berbentur dengan keinginan Ceko untuk lolos ke babak selanjutnya, sekaligus menghapus luka sedih akibat kekalahan telak oleh Rusia.

    Ceko bisa memanfaatkan situasi Yunani yang mungkin akan kehilangan salah satu gelandangnya, Giorgos Fotakis, akibat cedera lutut saat latihan dan absennya bek Sokratis Papastathopoulos karena kartu merah yang diterimanya kala menghadapi Polandia.

    Jika mereka bisa memanfaatkan kondisi yang dialami Yunani dengan permainan yang sabar dan mampu menjaga keseimbangan tim, mungkin saja Ceko bisa mencuri poin pertama mereka di grup A ini.

    Skor akhir akan menentukan perjalanan Ceko di Euro 2012 Poland-Ukraine. Apakah mereka mampu menghadapi permainan disiplin Yunani? Kita lihat saja.[]