Program Bimbingan 90 Anak Putus Sekolah di Bireuen Berakhir

    26
    0

    Program bimbingan kepada 90 anak putus sekolah dan pekerja anak di Kabupaten Bireuen yang dilaksanakan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bireuen di Balai Latihan Kerja (BLK) Bireuen di Desa Beunyot, Kecamatan Juli, berakhir hari ini Senin 23 Juni 2014.

    Anak-anak putus sekolah itu dibina melalui Kegiatan Pengurangan Pekerja Anak, Program Keluarga Harapan yang berlangsung selama sebulan. Para peserta dari kalangan keluarga miskin itu mendapat bimbingan dan arahan tentang  pentingnya bersekolah.

    “Selama sebulan, anak-anak mendapat bimbingan tentang pendidikan, keagamaan dan  belajar membaca Alquran yang baik dan benar, setelah mengikuti bimbingan ini, anak-anak yang sebelumnya sudah bekerja atau putus sekolah kini bersedia sekolah kembali,” ujar Kadis Sosial Bireuen, Akmal.

    Kepada anak peserta kegiatan itu turut diberikan bantuan dana Rp1 juta per anak yang disalurkan secara bertahap selama empat bulan.

    Akmal mengatakan meski mereka kembali berminat untuk sekolah, tetapi tetap ada hambatan sebab keluarga mereka tidak mampu secara ekonomi. Untuk itu Dinas Sosial akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen untuk menindaklanjuti soal pendidikan peserta bimbingan itu.

    Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bireuen Drs M Isa MM mengharapkan dinas terkait menindaklanjuti pendidikan anak yang telah mengikuti program tersebut.

    “Program ini guna mendukung PKH dari bentuk-bentuk pekerjaan terburuk terhadap anak, selain itu penting juga pendekatan kepada orang tua untuk memotivasi agar mereka berupaya untuk menyekolahkan anaknya.[]