Polantas Aceh Utara Meupep Pep di Jalan Raya

SATUAN Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Utara mensosialisasikan kepada pengguna jalan agar selalu memakai helm dan sabuk pengaman saat berkendara, Kamis 22 Mei 2014. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Operasi Simpatik 2014.

Sosialisasi keselamatan berkendara dilakukan di empat titik yaitu di Simpang Empat dan Simpang Mulieng Kecamatan Syamtalira Aron, Lhoksukon, serta Simpang Tiga Sampoiniet, Kecamatan Baktiya Barat dan Simpang Empat Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Pantauan ATJEHPOSTcom di lokasi, kegiatan itu dimulai dari SPBU Teupin Punti, Kecamatan Syamtalira Aron.

Saat tiba di titik pertama Simpang Mulieng, petugas berdiri di sisi kiri dan kanan jalan. Ada yang memegang plang bertuliskan ‘Saya pelopor keselamatan lalu-lintas’. Ada pula yang memegang spanduk bertuliskan ‘Polantas bertindak ramah simpatik, masyarakat bersimpati’.

Selain itu, petugas juga menggunakan pengeras suara (toa) seraya meupep pep (berkoar-koar). Mereka mengimbau bahwa saat ini sedang digelar Operasi Simpatik 2014. Kepada masyarakat juga diminta jangan takut jika melihat razia lalu lintas karena dilakukan untuk keselamatan pengendara.

Kasat Lantas Iptu Muhammadi Muhtar didampingi Kanit Dikyasa Brigadir Rizaldi  mengatakan pihaknya juga memasang spanduk peringatan di sepuluh titik rawan kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran. Di antaranya di sentral kota seperti simpang empat.

“Saat ini kita sebatas memberi imbauan tentang pentingnya memakai helm dan sabuk pengaman bagi pengendara. Selain itu harus selalu membawa surat-surat kendaraan yang lengkap, seperti SIM dan STNK,” ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran pengguna jalan tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara.

“Kegiatan ini juga bertujuan menciptakan kondisi keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas. Guna mendukung kesiapan Polri dalam pemilihan presiden mendatang,” ujar Iptu Muhammadi.[]

Leave a Reply