Pipa Minyak Utama Yaman Diledakkan

    17
    0

    Anggota suku dilaporkan meledakan pipa minyak utama Yaman, Sabtu (12/7). Akibat serangan itu penyaluran dari ladang minyak dalam negeri ke terminal ekspor Ras Isa di Laut Merah terhenti.

    Pipa itu, yang menyalurkan sekitar 100.000 barel minyak setiap hari dari ladang di Provinsi Marib, Yaman timur, berulangkali diserang, sebagian besar pada Mei.

    Serangan terbaru itu terjadi Sabtu (12/7) pagi di distrik Habab Marib, yang telah jadi sasaran aksi kekerasan oleh para anggota suku bersenjata yang menuntut pembagian saham lebih besar dari hasil minyak dan pendapatan.

    Sabotase itu memaksa para insinyur menutup pipa minyak sepanjang 320 kilometer ke terminal Ras Isa, utara kota pelabuhan Hodeida, kata seorang pejabat.

    Yaman adalah negara produsen minyak yang sedikit tetapi mengandalkan ekspor-ekspor minyak dan gas bagi 90 persen pendapatan mata uang asingnya.

    Serangan-serangan terhadap prasarana itu menyebabkan negara itu mengalami kerugian 4.75 miliar dolar AS dalam dua tahun dari Maret 2011 sampai Maret 2013, kata data pemerintah.[] sumber: republika.co.id