Perjanjian Linggarjati Diangkat ke Layar Lebar

Sepenggal sejarah di Tanah Air akan diangkat ke dalam dunia film. Film berlatar sejarah Indonesia belakangan memang jarang dibuat. Padahal, jika dikemas dari visual dan cerita secara baik, film tentang sejarah bangsa Indonesia mampu memberi nilai edukasi yang tinggi.

Kuswara Satra Permana, sutradara sekaligus produser film 'Bait Surau' tertantang mengangkat sejarah 'Perjanjian Linggarjati' yang dilakukan di Kuningan, Jawa Barat ke layar lebar. Ini harus diberi apresiasi.

"Film 'Perjanjian linggarjati' memiliki banyak sisi cerita menarik, baik dari sejarahnya sendiri maupun romantisme yang mungkin belum terungkap," ujar Kuswara, di acara pelantikan pengurus Kerukunan Warga Kuningan di Jakarta belum lama ini.

Ketertarikan Kuswara tidak hanya sebatas film ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Melalui film ini bisa menjadi bahan edukasi bagi warga Kuningan khususnya dan umumnya bagi seluruh bangsa Indonesia.

"Film ini akan menjadi bahan edukasi buat semua warga negara tidak hanya masyarakat Kuningan saja. Film ini sekaligus bentuk pengabdian saya pada daerah Kuningan," katanya.

Kuswara sendiri telah memiliki calon kuat para pemain yang akan terlibat di film 'Perjanjian Linggarjati'. Salah satunya aktris Maudy Koesnady yang kebetulan selain dipandang tepat membintangi film ini juga masih keturunan warga Kuningan. Hanya saja Kuswara masih belum menemukan sosok yang tepat untuk karakter pemeran Soekarno dan Hatta.

"Yang jelas Maudy Koesnady calon kuat membintangi film ini. Saya harus mencari pemain yang memiliki karakter kuat untuk peran Soekarno dan Hatta," ujar Kuswara.

Menyoal kabar film 'Bait Surau' yang mendapat penghargaan dari Sultan Brunei Hasanal Bolkiah dibenarkan Kuswara. "Alhamdulillah, film kami mendapatkan apresiasi dari Brunei Darussalam dan mendapatkan penghargaan sebagai film santun," katanya.

Ia juga berharap film yang dibintangi Rio Dewanto itu mendapatkan apresiasi pecinta film Indonesia. "Itu memang harapan kami, mudah-mudahan dapat terwujud," tambahnya.
 

SUMBER: LOVELY

Leave a Reply