Perempuan Pengusaha Sektor Informal Aceh Diajarkan Cara Kelola Keuangan

    20
    0

    Tahun ini PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali mengadakan lokakarya Financial Literacy (Sadar Keuangan) “Tips Mengelola Dana untuk Perempuan” di 12 kota di Indonesia, dengan Banda Aceh sebagai kota penyelenggaraan ketiga.

    Didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA), Kementerian Perdagangan dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Aceh, program pelatihan Sadar Keuangan ini diadakan selama dua hari sejak 4-5 Juni 2014.

    Lokakarya Financial Literacy merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility atau CSR) Prudential Indonesia yang dilaksanakan secara berkelanjutan sejak 2009. Pada kegiatan ini, pelatihan pengelolaan keuangan diberikan kepada para perempuan pengusaha sektor informal binaan dari tiga kementerian tersebut diatas dengan status sosial ekonomi C-D yang memiliki pendapatan Rp 500.000 – Rp 2.500.000 per bulan.

    Tahun ini, sebanyak 25 sesi lokakarya Financial Literacy akan diadakan di 12 kota dengan kurang lebih 250 peserta di setiap sesinya. Setelah Bogor, Bandung, dan Banda Aceh; lokakarya ini juga akan diadakan di Yogyakarta, Manado, Kupang, Surabaya, Banjarmasin, Denpasar, Palembang, Medan, dan Jakarta.

    “Program ini merupakan perwujudan komitmen kami untuk mendukung peran serta perempuan dalam pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam sektor informal. Setiap tahun kami terus berupaya memperluas cakupan program pelatihan Sadar Keuangan. Pada tahun ini kami menambah lima kota baru yaitu Bogor, Banda Aceh, Banjarmasin, Manado, dan Kupang. Kami harap kegiatan ini dapat menginspirasi para perempuan pengusaha sektor informal di Indonesia dalam mengelola keuangan rumah tangga demi terwujudnya masa depan yang cemerlang,” papar Presiden Direktur Prudential Indonesia William Kuan dalam surat elektronik yang diterima atjehpost.com.

    Sejak 2009, Prudential Indonesia telah berbagi tips perencanaan dan pengelolaan keuangan melalui program pelatihan Sadar Keuangan kepada lebih dari 13.000 perempuan pengusaha sektor informal di 14 kota di Indonesia.

    Kasubid Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Perempuan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Aceh Fahmi, mengatakan, pihaknya menyambut baik lokakarya ini. Kegiatan ini menurutnya sejalan dengan tujuan mereka dalam mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan.

    “Dengan semakin banyaknya kota yang dilibatkan dalam kegiatan ini, kami berharap semakin banyak pula perempuan pengusaha di Indonesia yang mampu mengelola keuangan dengan bijaksana demi terwujudnya keluarga sejahtera. Kami percaya perempuan memiliki peran penting, tidak hanya dalam perekonomian namun juga dalam keuangan keluarga.” Ujarnya.[]