Penyerahan DIPA 2013, Ini Amanah Gubernur Kepada Bupati, Walikota dan Kepala SKPA

    21
    0

    BANDA ACEH – Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyampaikan amanahnya kepada para bupati, walikota, Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Kubupaten untuk menggunakan menggunakan sebaik-baiknya dana pembangunan dalam Daftar Isian Pelaksaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2013.

    Amanah tersebut dibacakan Zaini Abdullah di depan para bupati dan walikota serta para kepala instansi vertikal yang hadir dalam acara penyerahan DIPA 2013 di ruang serba guna kantor Gubernur Aceh, Senin 17 Desember 2012.

    Pertama, Zaini Abdullah berpesan untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan rakyat dengan menurunkan jumlah penduduk miskin Aceh sebesar 2 persen dan menciptakan lapangan pekerjaan. Kata  Zaini Abdullah, angka pengangguran di Aceh harus turun dari 9,10 persen menjadi 7 persen.

    “Untuk itu pastikan seluruh program harus tepat sasaran dan tepat guna dan tidak ada penyimpangan dalam penggunaannya,” kata Zaini Abdullah.

    Gubernur yang diusung Partai Aceh ini juga mengatakan, untuk meningkatkan kualitas sistem transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pembangunan maka perlu membuka akses masyarakat dalam memperoleh informasi program-program pembangunan pemerintah.

    “Jadikan DIPA tahun 2013 ini sebagai stimulus pertumbuhan ekonomi Aceh secara inklusif, merata dan mendorong perbaikan kapasita fiskal kita,” kata Zaini Abdullah.

    Dalam amanahnya, Zaini Abdullah juga memastikan seluruh tahapan pelaksanaan pembangunan harus sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

    “Dengan demikian, kita sudah menjalankan nilai-nilai Dinul Islam dalam tata kelola pemerintahan Aceh,” ujar Zaini Abdullah di depan para bupati dan walikota serta kepala instansi vertikal di Aceh.

    Yang terakhir, Gubernur Aceh yang akrab disapa Doto Zaini ini mengatakan Pemerintah Aceh membuka kesempatan yang luas kepada para pelaku bisnis dan masyarakat internasional untuk dapat mendukung pendanaan pembangunan Aceh dalam bentuk kerja sama yang sehat, setara dan terbuka.

    “Kami juga meminta kepada anggota DPR RI, khususnya Badan Anggaran untuk memberikan perhatian khusus kepada Aceh,” kata Zaini.

    Ia mengatakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang lebih signifikan melalui Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Dekonsentrasi agar lebih banyak diprioritaskan kepada Aceh dalam rangka menghapus angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Aceh. []

    Berita sebelumnya:

    Penyerahan DIPA 2013, Gubernur Berpesan Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat