Penumpang Garuda sudah bisa internetan di pesawat

BAGI yang sering bepergian naik pesawat dan tak bisa lepas dari internet, ada kabar baik untuk Anda. Garuda Indonesia akhirnya mulai meresmikan pengoperasian akses WiFi di armada pesawatnya.

Menurut Direktur Niaga Garuda Indonesia, Erik Meijer, layanan WiFi di pesawatnya sudah mulai on air sejak Selasa kemarin, 2 Oktober 2013, setelah akhirnya menuntaskan penandatangan kerja sama dengan Telkom.

"Kami sudah mulai mengkomersilkan layanan WiFi ini untuk semua kelas yang ada di pesawat Boeing 777-300 ER," ungkapnya saat berbincang santai dengan detikINET, Kamis (3/10/2013).

Dijelaskan Erik, layanan ini tetap gratis untuk penumpang yang berada di kelas utama atau First Class. Sementara untuk penumpang di kelas lainnya dikenakan tarif berbayar dengan skema per jam atau selama perjalanan.

"Kelas lainnya harus membayar bisa dengan voucher atau kartu kredit. Tarifnya per jam sebesar USD 11,95 (sekitar Rp 140 ribu). Sedangkan sekali perjalanan yakni USD 21,95 (sekitar Rp 255 ribu)," jelasnya.

Setelah perjanjian untuk akses WiFi di armada B 777-300 ER selesai, selanjutnya Garuda akan menuntaskan kerja sama dengan Telkom untuk armada Airbus 330. "Rencananya hingga akhir 2014 ada 10 armada yang sudah dilengkapi WiFi," katanya.

Di pesawat Garuda, Telkom yang mengantungi lisensi penyedia jasa internet, hak labuh satelit, dan izin stasiun radio, menyediakan bandwidth internet agar WiFi bisa beroperasi di pesawat.

Sedangkan Garuda kabarnya menyiapkan investasi sekitar USD 17,5 juta untuk membeli perangkat telekomunikasi di pesawat. Untuk di Airbus 330, Garuda menggunakan teknologi milik OnAir, sementara di B 777-300 ER dari Panasonic. Alatnya sendiri diperkirakan seharga USD 250 ribu. | sumber : detik

Leave a Reply