Panduan mudah bisnis EO dan WO

    25
    0

    Judul Buku      : Banjir Uang dengan Bisnis Event Organizer dan Wedding Organizer

    Penulis             : Agus Prabu Wibowo

    Penerbit           : Flash Books

    Cetakan           : I, September 2013

    Tebal                : 212 halaman

    ISBN                 : 978-602-255-280-2

    Peresensi       : Jumadi

    TANPA disadari, bisnis  jasa penyelenggara acara kini kian digemari oleh masyarakat. Pasalnya di era sekarang ini, banyak masyarakat yang sibuk dengan kerja atau agenda harian lainnya yang sangat menyita waktu. Apalagi warga masyarakat yang tinggal di perkotaan yang setiap harinya disibukkan dengan pekerjaan untuk menafkahi keluarga. Oleh karena itu, dibutuhkan jasa penyelenggara acara ketika seseorang sedang mempunyai hajat (kebutuhan)  penting seperti pernikahan, perayaan ulang tahun anak, atau beragam hajat lainnya.

    Situasi dan kondisi seperti inilah yang lantas dimanfaatkan sebagian dari masyarakat untuk mengeruk untung dengan membuka jasa penyelenggara acara. Diantaranya bisnis yang mampu mengeruk untung  yaitu event organizer  atau EO dan wedding organizer  atau WO. Bisnis tersebut kini berkembang pesat karena banyak dari kalangan masyarakat bawah hingga perusahan besar menggunakan jasa mereka untuk melancarkan jalannya acara.

    Apalagi bagi mereka (penyelenggara EO dan WO) yang sudah mempunyai pengalaman lebih. Dalam satu kali melakukan penggarapan acara saja mereka bisa mengeruk keuntungan bersih kurang lebih 10 hingga 20 juta rupiah. Tentu akan mendapat keuntungan yang berlipat-lipat jika acara yang diselenggarakannya cukup besar (hal. 10).

    Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana EO dan WO itu. Buku yang ditulis Agus Prabu Wibowo inilah yang mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan ditail. Karana di dalamnya mengulas seputar EO dan WO secar lengkap. Mulai dari persiapan, setrategi membuka bisnis beserta promosinya, mencari peluang, cara memanajemen keuangan, kiat menggaet sponsor hingga simulasi atau analisis bentuk usahanya.

    Pengertian EO sendiri yaitu sebuah jasa penyelenggara acara yang terdiri atas serangkaian mekanisme yang sistematis dan memerlukan ketekunan, kesungguhan serta kekompakan kerja tim. Sedangkan WO ialah sebuah penyelenggara acara yang memberikan pelayanan jasa pengorganisasian segala aktivitas yang berkaitan erat dengan kebutuhan pesta pernikahan (hal. 16 -17).

    EO sendiri memiliki peran sebagai pelaksana acara berdasarkan pedoman kerja dan konsep event tersebut, serta berusaha mengelolanya secara profesional. Sementara WO berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan seputar acara pernikahan, diantaranya seperti merumuskan konsep, tanggal yang tepat, dan tempat pesta pernikahan berlangsung.

    Seorang EO dan WO juga harus mampu menggambarkan acara yang akan diselenggarakan, sekaligus membaca tantangan dan halangan yang sewaktu-waktu bisa menghampiri. Disinilah kematangan konsep seorang EO dan WO yang perlu untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, syarat wajib yang harus dimilikinya yaitu mempunyai jam terbang tinggi dan pengalaman yang cukup (hal. 45).

    Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk menekuni bisnis ini. Bacalah buku setebal 212 halaman ini untuk dijadikan panduan Anda supaya mampu menjadi pakar penyelenggara acara EO dan WO. Dan jalan lain yang juga perlu dilakukan yaitu belajar kepada mereka yang sudah ahli dalam bidang ini. Pun dengan ketekunan yang tinggi. Selamat membaca dan mencobanya. Semoga sukses!

    Penulis adalah Mahasiswa Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta