Pacquiao Sekarang Berpangkat Letnan Kolonel

    28
    0

    MANILA – Petinju Filipina Manny Pacquiao, mendapat kenaikan pangkat menjadi Letnan Kolonel pasukan cadangan Angkatan Darat, pada Senin (5/12).

    Kendati demikian, kecil peluang bagi petinju berjuluk PacMan ini untuk terjun di medan pertempuran.

    Pacquiao, yang juga merupakan anggota kongres yang mewakili Provinsi Sangani, mengenakan seragam hijau zaitun formal dan lencana pada upacara sederhana di markas besar militer di Manila.

    Panglima Angkatan Darat Mayor Jenderal Emmanuel Bautista, mengatakan ia berharap Pacquiao yang menjadi juara dunia tinju untuk delapan kelas berbeda, dapat menginspirasi warga lain agar mau bergabung dengan militer.

    Ia juga mengatakan kalau Pacquiao dapat membantu penerapan program tentara masuk desa untuk menjangkau warga masyarakat di pedesaan.

    Angkatan darat mengatakan bahwa Pacquiao terdaftar sebagai anggota tentara cadangan dengan pangkat sersan pada 2006, ia kemudian dipromosikan menjadi sersan mayor tiga tahun kemudian sebagai penghargaan atas keberhasilannya menjadi petinju kelas dunia.  

    "Militer memberikan pangkat (tentara) cadangan sesuai dengan posisinya di pemerintahan. Anggota kongres setara dengan Letnan Kolonel," kata juru bicara Angkatan Darat Mayor Harold Cabunoc, sambil menambahkan bahwa keputusan akhir tetap berada di tangan Presiden Benigno Aquino.

    Pacquiao memenangi kursi pertamanya di parlemen pada tahun lalu, dan berhak atas pangkat yang lebih tinggi setelah terpilih sebagai anggota kongres, kata Cabunoc.

    Menjawab kritik yang dialamatkan kepadanya terkait kualifikasinya di bidang militer, Pacquiao mengakui kalau dirinya bukan tentara, namun ia mengatakan ia dapat membantu militer melalui jalur-jalur non perang.

    Pacquiao dikenal sebagai salah satu sosok yang berhasil keluar dari kemiskinan, dan kemudian menjadi salah satu atlet terkaya di dunia, serta dikenal sebagai salah satu sosok berpengaruh di Filipina.[sumber: mediaindonesia.com]