Organda Aceh Berlakukan Tarif Baru Besok

    17
    0

    ORGANISASI Angkutan Darat (Organda) Aceh bakal menurunkan ongkos angkutan umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) kelas nonekonomi sebesar lima persen mulai besok Kamis, 22 Januari 2015. Turunnya ongkos angkutan ini menyusul turunnya harga BBM jenis premium dari Rp 7.600 menjadi Rp 6.600 per liter dan solar Rp 7.200 menjadi Rp 6.400 per liter yang sudah berlaku sejak Senin tanggal 19 Januari lalu.  

    “Tarif resmi ini sudah saya informasikan juga ke DPC Organda di seluruh Aceh. Proses penyebaran informasi oleh Organda Aceh, mulai hari Selasa (20/1) hingga Rabu (21/1), dan mulai Kamis tanggal 22 Januari 2015 akan diberlakukan tarif baru secara serentak,” ujar Ketua DPD Organda Aceh, Ramli kepada Serambi, Selasa, 20 Januari 2015 malam.

    Ramli mengatakan kesepakatan penerapan tarif baru sengaja diberlakukan mulai hari Kamis tanggal 22 Januari 2015, sehingga semua DPC Organda kabupaten/kota sudah terlebih dahulu menerima surat edaran tentang perubahan tarif, kemudian diturunkan ongkosnya secara serentak.

    Sahrial, selaku Wakil Sekretaris Organda Aceh mengatakan, diturunkan ongkos angkutan hanya sebesar lima persen sedangkan BBM jenis bensin dan solar turunnya hingga 50 persen. Masih tingginya ongkos angkutan umum ini, disebabkan oleh biaya-biaya komponen suku cadang (sparepart) masih tinggi, dan tidak mengikuti turunnya harga BBM.

    “Nah akhirnya, kami menurunkan hanya sebesar lima persen saja, untuk memenuhi biaya-biaya penggantian sukucadang kendaraan yang masih tinggi meski harga BBM sudah turun,” tandas Sahrial.[] sumber: serambi indonesia