Nusantara Tropical juga buka 10 ribu hektar lahan di Kalimantan

    22
    0

    PT Nusantara Tropical Farm hari ini memulai kunjungan ke sejumlah kabupaten di Aceh. Kunjungan itu untuk lokasi dan ketersediaan lahan terkait rencana berinvestasi di bidang tanaman hortikultura.

    Selain di Aceh, Nusantara Tropical yang berbasis di Lampung, juga akan membuka lahan tanaman hortikultura seluas 10.000 hektare di Pontianak, Kalimantan Barat.

    Kawasan itu akan ditanami pisang cavendish, nanas dan jambu biji untuk kebutuhan pasar ekspor ke Timur Tengah, China dan beberapa negara Eropa.

    Menurut Manager Human Resources Development and Public Relations PT Nusantara Tropical Farm (NTF) Oom Aulia Amrullah, lahan di wilayah Kalbar  itu masih menunggu sejumlah perizinan, termasuk persetujuan kepala daerah setempat.

    “Kami menjajaki kawasan lahan seluas 10.000 ha yang terintegrasi, bukan terpisah-pisah untuk memudahkan pengelolaan hasil panen,” kata Aula Amrullah seperti diwartakan bisnis.com pertengahan April lalu.

    Menurut Aula, produk hasil kebun ketiga tanaman hortikultura itu seluruhnya untuk ekspor dan tidak untuk memenuhi kebutuhan lokal. Kebun di Lampung Timur diperuntukkan khusus untuk konsumsi dalam negeri.

    Lahan perkebunan yang ada di kawasan Lampung Timur, tepatnya di Sukadana dan Labuhan Ratu seluas 3.575,28 ha itu mayoritas untuk memenuhi kebutuhan lokal dengan distribusi produk melalui PT Sewu Segar Nusantara.

    “Saat ini, lahan tanaman nanas saja yang 20% dari hasil produksi untuk di ekspor, selebihnya hanya untuk kebutuhan dalam negeri, seperti pisang cavendish dan jambu biji,” ujarnya.[]