Mualem: Pemerintah Aceh Dukung STAIN Malikussaleh jadi IAIN

    23
    0

    WAKIL Gubernur Aceh Muzakir Manaf menegaskan Pemerintah Aceh mendukung peningkatan status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh menjadi Institut Agama Islam Negeri atau IAIN.

    “Pemerintah Aceh memberi dukungan yang sangat kuat agar STAIN ini menjadi IAIN, dan saya yakin Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait juga mendukung,” kata Muzakir Manaf atau Mualem saat memberi sambutan tanpa teks pada acara wisuda sarjana (S1) STAIN Malikussaleh, di Kampus Alue Awe, Lhokseumawe, Kamis, 20 Maret 2014.

    Mualem menyatakan hal itu untuk merespon harapan Ketua STAIN Malikussaleh, Dr. Iskandar Budiman, MCL, saat menyambut kedatangan Wakil Gubernur Aceh di lokasi acara wisuda. “Kita tengah memperjuangkan peningkatan status STAIN ini menjadi IAIN. Kita sangat mengharapkan perjuangan ini mendapat dukungan maksimal dari Pemerintah Aceh,” ujar Iskandar Budiman.

    Iskandar Budiman kemudian memohon kepada Wagub Mualem untuk tampil ke pentas guna memberikan motivasi kepada para wisudawaan. Di hadapan ratusan wisudawan dan masyarakat yang hadir pada acara tersebut, Mualem mengatakan bahwa kejayaan negeri ini sangat tergantung pada ilmu yang kita miliki.

    Itu sebabnya, kata Mualem, Pemerintah Aceh berkomitmen penuh untuk terus memberikan perhatian yang maksimal kepada perguruan tinggi yang akan melahirkan para sarjana. “Pemerintah Aceh tiap tahun juga mengucurkan beasiswa untuk ribuan mahasiswa, termasuk yang melanjutkan kuliah ke luar negeri. Tahun ini dikucurkan beasiswa untuk 2.000 orang lebih,” katanya.

    Selesai Wagub Mualem menyampaikan sambutannya, acara wisuda skor beberapa saat oleh Ketua STAIN Iskandar Budiman. Ketua dan para wakil ketua STAIN Malikussaleh kemudian mengadakan pertemuan di salah satu ruangan kampus Jurusan Dakwah guna membahas peningkatan status STAIN menjadi IAIN yang tengah diperjuangkan.

    Usai pertemuan itu, Mualem kepada para wartawan mengatakan, ia sebagai Wagub Aceh siap membantu STAIN Malikussaleh dengan cara “menjemput bola” ke Kemenang agar cepat ditingkatkan status menjadi IAIN.  

    “Kita ingin STAIN Malikussaleh ke depan bisa lebih maju, maka kita dukung penuh kampus ini agar segera menjadi IAIN sebagaimana harapan banyak pihak,” ujar Mualem didampingi Iskandar Budiman.

    Pemerintah Aceh, kata Mualem, juga akan membantu kampus ini terkait kebutuhan fasilitas yang dibutuhkan. Selain itu, kata Wagub, Pemerintah Aceh siap menjembatani agar STAIN Malikussaleh memperoleh bantuan dari Pemerintah Arab Saudi, baik untuk peningkatan sarana dan prasarana maupun kualitas para dosen supaya lebih maksimal lagi.[] Laporan: Muhammad Fazil