Mengintip Tempat Latihan Pramugari Garuda Indonesia

Di balik senyum manis para pramugari Garuda, ternyata ada latihan berat yang harus mereka lalui. Ini 4 tempat latihan mereka di Garuda Indonesia Training Center, demi membuat traveler betah dan aman selama penerbangan.

Garuda Indonesia Training Center berada di Jl Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. detikTravel beberapa waktu lalu berkunjung ke sana dan melihat pelatihan para pramugari Indonesia dari dekat.

Disusun detikTravel, Jumat (22/8/2014) berikut 4 tempat latihan pramugari Garuda Indonesia:

1. Simulasi kabin pesawat

Di Garuda Indonesia Training Center terdapat simulasi kabin pesawat. Tempat tersebut dibuat benar-benar mirip kabin pesawat sungguhan, dengan ukuran yang sama dan terdapat bangku penumpang.

Di sinilah para pramugari dilatih untuk menyapa penumpang dan mempraktekan pemaikaian alat-alat pengaman seperti sabuk pengaman, masker oksigen serta jaket pelampung.

Mereka juga diajarkan bagaimana cara membawa troli makanan dan menawarkan dengan tutur yang halus kepada penumpang. Selama pelatihan, ada tim penilai yang bakal menguji dan memberikan koreksi.

2. Simulasi pantry pesawat

Tak jauh dari simulasi kabin pesawat, terdapat simulasi pantry pesawat. Kalau di sini adalah tempatnya para pramugari dilatih untuk menyajikan makanan sebelum dibawa dengan troli.

Mereka diajarkan bagaiamana cara menata aneka makanan dan minuman di troli dengan tepat. Selain itu, mereka dilatih untuk menghangatkan makanan di dalam oven. Asal tahu saja, mereka harus tahu jenis-jenis makanan dan bagaimana cara menghangatkan makanan agar tetap tersaji enak.

3. Seluncuran karet

Tak hanya tempat-tempat latihan di kabin pesawat, Garuda Indonesia Training Center pun punya tempat-tempat latihan untuk mengevakuasi penumpang. Salah satunya adalah seluncuran karet pesawat.

Sebelum turun ke suluncuran karet, ternyata ada banyak hal yang harus dipelajari. Para pramugari harus menenangkan penumpang agar dapat keluar satu per satu dengan tertib dan cepat. Lalu, mereka juga harus mengingatkan penumpang yang menggunakan sepatu high heels untuk melepasnya karena berbahaya jika tergesek seluncuran karet.

Kemudian, pramugari harus mempraktekan cara dengan benar meluncur di seluncuran karet yakni tangan lurus ke depan dan kaki lurus ke depan. Kalau ada yang salah saat latihan, siap-siap ulang dari awal.

4. Kolam renang

Kolam renang di Garuda Indonesia Training Center bukan sebagai tempat berenang. Tapi, di sinilah tempatnya para pramugari Garuda berlatih evakuasi pendaratan di air.

Di kolam tersebut ada satu perahu karet yang digunakan untuk simulasi penyelamatan penumpang. Para pramugari harus bertindak cepat mengangkut penumpang di air dan memprioritaskan penumpang terlebih dulu. Setelah itu, mereka diajarkan cara membentangkan ponco agar melindungi pesawat.

Di kolam renang ini, suasananya dibuat seolah-olah sedang badai. Suara gemuruh terdengar hebat dan lampu bakal berkedap-kedip. Bahkan, ada juga tetesan air yang deras seolah-olah sedang hujan. Fisik para pramugari sungguh terkuras di sini. | sumber : detik

Leave a Reply