Mengenal Dara Single Anggota DPRK Aceh Tengah Terpilih

    32
    0

    LAHIR pada 1988, gadis cantik dari Gayo ini baru berusia 26 tahun. Di usia semuda itu, ia mendapat amanah dari rakyat untuk duduk di kursi DPRK Aceh Tengah periode 2014 – 2019. Bahkan, ia satu-satunya perempuan yang terpilih.

    Asma Yanti. Begitulah nama gadis berkulit putih itu. Di tanah Gayo, namanya tiba-tiba menjadi buah bibir. Dara lulusan D3 Ekonomi Universitas Syiah Kuala ini duduk ke kursi dewan lewat Partai Hanura. Ia muncul dari Dapil 2 Aceh Tengah meliputi Kecamatan Pegasing, Linge, Jagong Jeget dan Atu Lintang. 

    Dilansir situs lintasgayo.co, Asma Yanti mengaku agak kaget setelah mengetahui dirinya terpilih sebagai anggota dewan. Namun, Yanti mengaku telah siap untuk membela kepentingan perempuan di parlemen. 

    Sebelumnya, riwayat hidup Yanti memang tak bersentuhan dengan dunia politik. Setelah menyelesaikan pendidikan diploma ekonomi, Yanti sempat bekerja di PT Telkom Banda Aceh. Ia juga bergabung di Komunitas Hablumminallah wa Hablumminannas. Di sinilah ia mulai bersentuhan dengan isu-isu soal kemasyarakatan. 

    “Bersama H2, banyak persoalan di daerah ini yang saya temui dan kedepan perlu dibenahi, khususnya kepentingan perempuan, pendidikan dan generasi muda,” kata Yanti.

    Dia mengaku miris terhadap pilihan politik kaumnya. “Perempuan di daerah ini belum melek politik, buktinya satu saja yang bisa menerobos kursi parlemen. Perlu upaya keras untuk membenahi ini, tolong dukung saya,” kata Yanti kepada lintasgayo.co 

    Ditanya tentang statusnya yang masih single, Yanti mengaku belum punya rencana menikah meski calon suami sudah ada.[] sumber: lintasgayo.co