Mendengarkan musik kesukaan membuat jantung lebih sehat

    21
    0

    MENDENGARKAN musik bukan cuma menenangkan pikiran, tetapi juga membuat jantung lebih sehat. Bahkan penderita penyakit jantung mampu sembuh lebih cepat jika mendengarkan musik kesukaan, demikian menurut penelitian terbaru.

    "Saat mendengarkan musik kesukaan, hormon endorfin dalam tubuh meningkat, sehingga jantung pun lebih sehat," terang kepala peneliti, Dr Deljanin Ilic, dari University of Nis di Serbia.

    Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, sebanyak 74 penderita penyakit jantung dilibatkan dalam penelitian dan dibagi menjadi tiga kelompok.

    Kelompok pertama diminta berolahraga selama tiga minggu. Kelompok berikutnya juga sama, tetapi dengan tambahan mendengarkan musik selama satu setengah jam setiap hari. Kemudian kelompok terakhir diminta mendengarkan musik saja tanpa berolahraga.

    Hasilnya, kelompok kedua mengalami kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Fungsi jantung mereka tepatnya meningkat hingga 39 persen.

    "Kombinasi musik dan olahraga membuat jantung lebih sehat. Namun musik tanpa lirik adalah yang terbaik karena hal itu menenangkan sekaligus menyehatkan," tambah Dr Ilic.

    Meskipun demikian, peneliti menegaskan kalau seseorang bebas mendengarkan musik kesukaannya. Sebab dengan mendengarkan musik kesukaan, seseorang bisa menjadi semakin senang atau rileks. | Sumber: merdeka.com