Masjid di Aceh Besar Ini, Wudhunya Langsung di Mata Air

    23
    0

    TATKALA takbir berkumandang, seluruh umat Islam merayakan Hari Raya Idu Fitri. Lebaran di Aceh pastinya menawarkan aneka masjid menarik seperti Masjid Al Muhajirin di Aceh Besar yang air wudhunya langsung dari mata air.

    Masjid Al Muhajirin Mata Ie, di Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar memberikan nuansa sejuk. Ada rimbunnya pohon di sekitar dan ada mata air yang keluar dari bukit di sampingnya.

    Berlokasi di Area Rindam Iskandar Muda, masjid yang letaknya persis di pinggir Bukit Mata Ie ini membuat jamaah sangat betah. Di sini tidak perlu pendingin ruangan, karena masjid ini letaknya dikelilingi pepohonan besar yang rimbun dan di sampingnya juga terdapat sumber mata air yang jernih di sampingnya yang mengalir ke Mata Ie, Krueng Daroy hingga Kreung Aceh di kota Banda Aceh.

    Masjid ini diresmikan setelah direnovasi pada Senin, 17 September 2007 oleh Mayor Jenderal TNI Supiadin AS yang di saat itu menjabat sebagai Panglima Kodam Iskandar Muda. Pengalaman traveler saat mengunjungi masjid ini adalah merasakan berwudhu dengan sejuknya air pegunungan nan jernih.

    Suasana segar juga dirasakan ketika di dalam masjid, dimana tingkat polusi udara di sekitar masjid yang sangat minim karena sinar matahari sudah ditutup oleh dedaunan pohon di atasnya. Untuk diketahui masjid ini juga letaknya di area wisata kolam pemandian dan latihan Rindam dimana para bapak-bapak tentara juga menggunakan kolam tersebut.

    Namun masyarakat umum juga bisa menggunakan kolam tersebut. Banyak anak-anak yang memanfaatkan kolam tersebut untuk renang bahkan berekpresi dengan berbagai gaya terjun ke dalam kolam tersebut.

    Memang airnya sangat sejuk dan jernih, cocok banget buat mandi dan berenang. Namun setelah mandi dan badan sudah bersih, jikala waktu salat tiba, jangan lupa menjalankan ibadah di Masjid Al Muhajirin.

    Sungguh nikmat wisata religi di masjid ini. Semoga para pembaca maupun traveler bisa juga merasakan beribadah di Masjid Al Muhajirin ini. Untuk menuju lokasi ini memakan waktu sekitar 15 menit saja dari Kota Banda Aceh ke Arah Mata Ie, Aceh Besar. | sumber: detik.com