Malaysia Minta Data Mentah dari 22 Negara Cari Pesawat Hilang

PEMERINTAH Malaysia meminta data mentah dari 22 negara, baik itu data satelit maupun data radar dalam upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 yang hilang.

Negara-negara yang berada dalam dua koridor yang diyakini memiliki petunjuk mengenai hilangnya pesawat MAS MH370, telah diminta untuk berbagi data mentah mereka. Langkah ini dilakukan seiring adanya fase baru dalam operasi pencarian internasional atas pesawat MH370 yang hilang pada Sabtu, 8 Maret lalu.

Setidaknya ada 22 negara yang berada di sepanjang koridor selatan dan utara yang kini menjadi fokus pencarian. Ini termasuk Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Turkmenistan, Pakistan, Bangladesh, India, China, Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, Indonesia dan Australia.

"Pencarian sudah merupakan upaya multinasional yang sangat kompleks. Sekarang pencarian itu bahkan lebih sulit lagi. Pejabat-pejabat Malaysia meminta dukungan dari negara-negara tersebut," tutur Pelaksana Tugas Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Hussein yang juga menjabat Menteri Pertahanan.

Dijelaskan Hishammuddin, dukungan tersebut termasuk data satelit umum, rekaman radar baik primer maupun sekunder, bantuan untuk pencarian darat, laut dan udara serta aset-aset yang diperlukan.

"Wilayah pencarian telah sangat diperluas. Dan sifat pencarian juga berubah," imbuhnya. Ditegaskan Hishammuddin, operasi pencarian ini tetap merupakan upaya multinasional yang dipimpin oleh Malaysia.

Pemerintah Malaysia telah mengungkapkan secara resmi hasil investigasi yang mengindikasikan pesawat tersebut sengaja dialihkan rutenya hingga menyimpang dari rute seharusnya: Kuala Lumpur-Beijing. Radar militer juga menangkap jejak pesawat yang terus mengudara selama beberapa jam setelah hilang kontak.

Ada dua kemungkinan jalur baru yang ditempuh pesawat tersebut, yakni mengarah ke koridor utara kawasan Asia Tengah mulai dari perbatasan Kazakhstan dan Turkmenistan menuju Thailand utara, atau mengarah ke koridor selatan mulai dari Indonesia menuju Samudera Hindia bagian selatan.[] sumber: detik.com

Leave a Reply