L300 Terperosok di Jurang Sungai Mas, 7 Penumpang Tewas

MEULABOH – Satu unit minibus L300 mengalami kecelakaan di kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Kamis 29 November 2012. Tujuh penumpang tewas, 1 kritis dan delapan lainnya mengalami luka ringan.

Mobil L300 dengan nomor polisi BL 1282 AN, yang melaju dengan kecepatan tinggi tersebut, mengalami kecelakaan di ruas Jalan Geumpang, Kabupaten Pidie-Sungai mas tepatnya di desa Tungkop, Aceh Barat sekitar pukul 17.30 WIB, pada Kamis 29 November 2012.

Menurut informasi dari Kapolsek Sungai Mas, Iptu Silwanbay ketika dihubungi melalui telepon selularnya mengatakan, minibus tersebut diduga mengalami kecelakaan akibat rem dari kendaraan tersebut blong.

Sehingga, kata dia, mobil yang melaju kecang tersebut tak dapat dikendalikan supir, saat mobil sedang menghadapi tikungan tajam dan kondisi turunan dari jalan gunung. Akibatnya, ujar Silwanbay, mobil terperosok ke dalam jurang dengan kedalaman diperkirakan sekita 30 meter dari permukaan.

Kondisi mobil yang berada dalam jurang dan medan yang sulit tersebut, membuat tim evakuasi yang terdiri dari kepolisian, koramil, PMI serta SAR, mengalami kesulitan. Korban kecelakaan baru dapat di evakuasi secara keseluruhan sekitar pukul 23.00 Wib.

“Dan evakuasi sendiri berlangsung dalam hujan deras,” kata dia.

Dari kecelakaan yang terjadi, kata dia, korban jiwa berjumlah 16 orang. Tujuh diantaranya meninggal dunia, 1 kritis, dan dan 8 mengalami luka ringan.

Korban yang mengalami kritis, sekitar pukul 21.00 WIB, berhasil dievakusi dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien, Meulaboh guna mendapat penanganan intensif dari rumah sakit.
Sedangkan 6 jenazah korban kecelakaan tunggal tersebut, baru tiba di RSU Cut Nyak Dhien Meulaboh, Jumat, 30 November 2012 sekitar pukul 01.30 dini hari.

Salah satu korban yang meningal dunia yaitu supir minibus, Anwar berusia 44 tahun. Jenazah langsung dibawa dari tempat kejadian pekara ke rumah duka, di desa Kuala Batee, Kecamatan Woyla Induk, Aceh Barat.(bna)

Leave a Reply