Korea Utara dituding acak-acak dunia maya saudaranya

    23
    0

    KASPERSKY Lab menuduh Korea Utara sebagai dalang dalam serangan hacker yang terjadi di Korea Selatan. Setidaknya, hal ini berani dibuktikan terhadap serangan yang terjadi kepada institut riset di Korsel.

    Seperti yang dilansir oleh ZDNet pada 12 September 2013, Kaspersky percaya bahwa Korea Utara menyerang setidaknya 11 organisasi di Korea Selatan dan dua lagi di China. Serangan ini termasuk yang dialamatkan kepada Sejong Institute, Korea Institute for Defense Analyses (KIDA), Kementrian Unifikasi Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine, dan Pendukung Unifikasi Korea.

    Dalam serangan ini sendiri diketahui senjata yang dipakai adalah sebuah trojan bernama Kimsuky. Kemungkinan ini merupakan trojan yang sama yang sebelumnya bernama Kimsukyang dan Kim asdfa.

    Trojan ini diketahui bisa mengumpulkan informasi seputar korban dalam serangan pertama. Sementara, di saat yang sama juga mengacak-acak sistem pertahanan yang dibangun Windows.

    Meskipun ditengarai berasal dari Korea Utara, Kaspersky belum bisa memastikan siapa dalang di balik semua ini. Hal ini dikarenakan hanya ada bukti kecil saja yang bisa mengarah ke sana.

    "Geo-location dari penyerang diketahui memang berada di Korea Utara," kata kaspersky.[] sumber : merdeka.com