Korban Dugaan Malpraktek di Aceh Utara Tak Kunjung Sembuh

KONDISI Sutiah, 43 tahun, korban yang diduga alergi obat usai dioperasi di Rumah Sakit Kasih Ibu, Lhokseumawe, hingga kini belum ada tanda-tanda kesembuhan. Hingga sepekan lebih berlalu, kondisinya masih terbaring lemah di rumahnya.

“Kalau kulit di punggungnya sekarang masih parah dan berair, bahkan masih kita beri alas daun pisang sedangkan kulit di bagian depan tampak kering seperti kulit terbakar,” ujar suaminya M Gade Landid, 45 tahun, kepada ATJEHPOST.co, Jumat 29 Agustus 2014.

Warga Desa Kuta Geulumpang, Kecamatan Samudera Aceh Utara itu mengaku bingung dengan kondisi istrinya. Pasalnya dikatakan sembuh juga tidak, dikatakan lebih parah dari sebelumnya juga tidak.

Menurutnya tidak ada perkembangan yang menunjukkan bahwa istrinya itu akan sembuh. Sementara ia sendiri terkendala dengan biaya untuk pengobatan. Pekan lalu katanya ia menerima bantuan dari sebuah media di Banda Aceh, namun ia sendiri kurang tahu dari media mana. Sementara bantuan dari pihak pemerintah hingga kini sama sekali belum ada. (Baca: Diduga Malpraktek, Rumah Sakit Kasih Ibu Diminta Bertanggungjawab)

“Mereka kembali membawa Sutiah ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia. Mereka juga memberi uang dua ratus ribu serta beras satu sak, mereka langsung datang ke rumah, satu laki-laki dan satu perempuan,” ujarnya.

Sutiah kembali mendapat perawatan medis dan sempat rawat inap selama tiga malam. Setelah itu ia minta pulang karena merasa tidak nyaman dengan pasien lain di ruangan rumah sakit. Menurut penjelasan Gade, ia hanya melihat pihak rumah sakit menyuntikkan cairan infus pada istrinya dan tidak ada perawatan khusus untuk menyembuhkan luka lepuh di tubuh istrinya.

“Saat ini Sutiah sudah di rumah kita sendiri dan belum tahu apakah kita rujuk lagi ke rumah sakit atau tidak karena terbatas biaya,” katanya.

Ia berharap pemerintah peduli pada kondisi yang menimpa istrinya itu. Seperti diberitakan sebelumnya, awalnya Sutiah menderita hernia sejak Juli lalu. Ia kemudian berobat ke Rumah Sakit Kasih Ibu, Lhokseumawe dan dioperasi. Beberapa hari setelah itu ia mulai gatal-gatal dan muntah, kulitnya berubah menjadi hitam seperti terbakar dan mengeluarkan bau tak sedap. Sutiah akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia. (Baca: Derita Sutiah, Kulit Melepuh Usai… )[]

Leave a Reply