Kondisi Hujan, Petani Karet Nagan Raya Hentikan Aktivitas

    23
    0

    SUKA MAKMUE – Akibat diguyur hujan beberapa hari terakhir sejumlah penati karet di kabupaten Nagan Raya tak dapat berkebun seperti hari biasa.

    Hal tersebut dikatakan Ilyas, salah satu petani karet dari Gampong Meurebo, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya yang kesehariannya mengais rejeki dengan menderes karet di kawasan tersebut.

    Menurutnya, dengan kondisi hujan yang selama beberapa hari ini melanda daerah tersebut, dia terpakasa tidak melakukan aktivitas menderes getah.

    "Karena hujan kami tidak bisa ke kebun," ujarnya.

    Kepada ATJEHPOSTcom, sabtu 3 November 2012 Ilyas mengaku, kebanyakan warga sekitar daerahnya yang rata-rata mata pencaharian bertani karet, juga terpaksa tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

    Apalagi, kata dia, petani di daerahnya sama sekali tidak menggunakan bahan kimia untuk pengerasan getah karet. Sehingga, karet yang sudah di deres oleh mereka akan tercampur air hujan, pada cuaca seperti ini.

    Hal ini jelas berbeda dengan petani di daerah lain, yang mempergunakan campuran bahan kimia. Sehingga, mereka dapat terus melakukan aktivitasnya meski cuaca sering hujan.

    "Di daerah lain ada yang menggunakan bahan kimia berupa air keras, tetap bisa ke kebun," tuturnya.(bna)