KIP Aceh Gelar Lokakarya dan Forum Editor Pilkada Damai

    15
    0

    BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengadakan Lokakarya dan Forum Editor Jurnalisme Pemilukada Damai di Gedung Dishubkomintel Banda Aceh selama dua hari Sabtu 17 Maret dan Minggu 18 Maret 2012.

    Lokakarya ini dimaksudkan untuk menunjang jurnalisme damai dan independen bagi Pilkada Aceh damai dan bermartabat yang akan berlangsung 9 April 2012 mendatang.

    Dalam lokakarya tersebut juga dihadirkan beberapa pemateri dari KIP Aceh yakni Zainal Abidin, Nyak Arief dari Panwaslu Aceh, dan Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Gustav Leo, jurnalis senior Nezar Patria.

    Dalam rangkaian lokakarya tersebut pembahasan awal terkait dengan titik rawan tahapan Pilkada Aceh dan mekanisme penyelesaian persoalan dalam pilkada yang dibahas oleh KIP Aceh, Panwaslu, dan Polda Aceh. Kemudian dilanjutkan materi prinsip jurnalisme damai dalam peliputan pilkada yang disampaikan Nezar Patria.

    Menurut Nezar jurnalisme damai sama dengan jurnalisme yang lain. "Hanya saja dalam peliputan lebih mengutamakan damai dari pada konflik yang terjadi dalam pemberitaan," ujarnya.

    Lokakarya ini diikuti oleh puluhan pegiat pers dari beberapa media di Aceh serta media kampus.[]