Kenali Lebih Dekat Mobil Murah Hasil Racikan Pabrik Lokal

    19
    0

    JAKARTA-Pabrikan motor memproduksi mobil? Pasti menarik. Mampukah mereka? Akhirnya, pabrikan motor asal Indonesia Viar, benar-benar mewujudkannya.

    Mobil Viar ini menggendong mesin 300 cc dan dengan kapasitas 2 penumpang saja. Mobil ini tengah nangkring di International Indonesia Motor Show(IIMS) 2012 di Kemayoran Jakarta. "Iya, ini mobil Viar dengan kapasitas 300 cc," kata After Sales Viar Ahmad di IIMS 2012 Kemayoran.

    Dengan dibalut warna merah, Ahmad mengatakan mobil Viar itu mampu berlari hingga 80 km/jam. "Kali ini kita memperkenalkan mobil prototipe. Kami ingin menunjukkan bahwa nantinya Viar akan melahirkan sebuah mobil," katanya.

    Namun, karena masih dalam bentuk prototipe, Mobil viar ini belum memiliki spesifikasi. "Kalau untuk spesifikasinya belum ada, karena ini masih gabungan Viar dengan industri daerah. Selain itu, mobil ini masih harus mengikuti uji emisi terlebih dahulu," ucap Ahmad sambil tersenyum.

    General Manager Marketing PT Triangle Motorindo, Akhmad Zafitra Dalie, sebelumnya menuturkan jika tidak ada halangan mobil tersebut akan diluncurkan pada awal 2013. Harganya relatif terjangkau yaitu di bawah Rp50 juta on the road Jakarta.

    Mobil Viar menggendong mesin 270 cc 4 langkah 1 silinder bertenaga 14,5 kW pada RPM dan torsi 20 Nm pada 5.000 RPM. Mesin tersebut dikaitkan dengan rotary system N-1-2-3-4-5. Mobil Viar memiliki dimensi PXLXT (2.780 mm x 1.270 mm x 1.600 mm). Dengan dimensi tersebut, mobil Viar sangat optimal untuk dikendarai di jalan kecil.

    Jarak sumbu roda 1.830 mm serta ground clereance 150 mm yang memiliki bobot sebesar 380 kg yang bisa menampung bobot hingga 650 kg. Mobil pikap itu diklaim bisa berjalan dengan 1 liter untuk menjangkau jarak tempuh sejauh 25 km dengan kondisi tanpa beban. | sumber:detik