Kejar APBA tepat waktu, ini yang dilakukan DPR Aceh

BADAN Musyawarah Dewan Perwakilan Rakyat Aceh sepakat untuk mempercepat pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh tahun 2014. Salah satu caranya melakukan pertemuan dengan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) guna menelaah kembali Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang telah diajukan beberapa waktu lalu.

Rapat KUA PPAS direncanakan berlangsung pada 28 Oktober hingga 1 November 2013. Setelah itu, KUA PPAS juga kembali dibahas oleh setiap komisi di DPR Aceh bersama Satuan Kerja Perangkat Aceh selama lima hari sebelum KUA PPAS ditetapkan menjadi Rancangan APBA 2014.

"Tadi kita sepakat untuk mempercepat pembahasan APBA 2014. Jadi Banggar DPR Aceh nanti akan rapat dengan TAPA, baru setelah itu ada waktu lima hari untuk pembahasan KUA PPAS antara setiap komisi dengan SKPA," ujar Anggota Komisi A DPR Aceh, Abdullah Saleh kepada ATJEHPOSTcom, Senin 21 Oktober 2013.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh mengusulkan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2014 sebesar Rp12,4 triliun. Dokumen KUA-PPAS 2014 diserahkan Gubernur Aceh Zaini Abdullah kepada Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah di gedung dewan, Jumat 28 Juni 2013.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Abubakar Karim mengatakan KUA-PPAS yang diusulkan tersebut menjadi pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2014.

“Usulan KUA-PPAS ini meningkat dibanding tahun anggaran 2013. Di mana APBA 2013 sebesar Rp11,78 triliun. Peningkatan ini diprediksi bersumber dari pendapatan asli Aceh sekitar Rp40 miliar hingga Rp45 miliar,” katanya.[](bna)

Leave a Reply