Kapolda Ungkap Hasil Identifikasi Pelaku Penembakan di Aceh

BANDA ACEH – Kapolda Aceh Irjen Polisi Iskandar Hasan mengungkap hasil identifikasi pelaku sejumlah aksi penembakan terhadap masyarakat sipil yang terjadi di Aceh Utara, Bireuen dan Aceh Besar sejak akhir Desember 2011-Januari 2012.

Menurut Kapolda Iskandar, dari hasil identifikasi polisi dan pemeriksaan terhadap dua tersangka yang telah ditangkap, pelaku penembakan merupakan bekas kombatan GAM yang terlibat dalam aksi-aksi kriminal.

"Backgroundnya kriminal. Mereka dimanfaatkan oleh kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi Aceh saat ini," kata Kapolda di sela-sela rapat membahas soal keamanan menjelang Pilkada di gedung DPR Aceh, Selasa, 17 Februari 2012.

Meski begitu, kata Kapolda, tidak tertutup kemungkinan mereka mengaku-ngaku dari mantan kombatan namun tidak terdaftar dalam eks kombatan. "Mereka mengaku dulunya kombatan tapi kami tidak ada buktinya," katanya.

Menurut Kapolda, peluru dan senjata yang digunakan dalam serangkaian penembakan itu berasal dari sisa-sisa konflik.

“Kami belum mendapat informasi soal senjata baru masuk ke Aceh, jadi yang kami yakini adalah senjata-senjata itu adalah bekas konflik yang lalu," ujarnya.[]

Leave a Reply