Kapolda Aceh Imbau Warga Sadar Bahaya Narkoba

    18
    0

    BANDA ACEH – Kapolda Aceh Irjen Pol Iskandar Hasan mengimbau masyarakat Aceh menyadari bahaya yang ditimbulkan ganja. Hal itu disampaikan Kapolda saat memberi kata sambutan pada acara pemusnahan barang bukti ganja sebanyak 5,1 ton di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Rabu 17 Oktober 2012.

    Menurut dia, tingginya kasus peredaran ganja di Aceh merupakan mata rantai kejahatan yang harus dibasmi bersama.

    “Ini maaf Pak Gubernur, selama ini saat saya pulang ke Jakarta selalu ditanya, apa saya bawa ganja atau tidak,” ujar Kapolda kepada Gubernur Aceh Zaini Abdullah. Hal itu menurut Kapolda cermin keidentikan Aceh dengan tanaman terlarang tersebut.

    Saat ini, kata Kapolda, beberapa daerah yang dikenal sebagai penghasil ganja di Aceh, yaitu Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Aceh Timur.

    Menurut Kapolda, ganja yang dimusnahkan dengan cara dibakar itu merupakan hasil temuan bersama Kodam Iskandar Muda dan Polda Aceh. Kepada kawula muda Aceh, Kapolda juga mengatakan pentingnya pemahaman bahaya narkoba.

    Acara pembakaran barang bukti ganja dimulai oleh Gubernur Zaini Abdullah, Pangdam Iskandar Muda serta Kapolda Aceh. Selanjutnya ratusan anggota pramuka yang hadir di lokasi juga turut diarahkan membantu pembakaran ganja tersebut.

    Selain pemusnahan ganja, pada kesempatan itu turut dimusnahkan 937 pucuk senjata api ilegal. Senjata-senjata itu menurut Pangdam adalah peninggalan masa konflik Aceh.[] (rz)