Kabag Ekonomi Aceh Utara: PDAM Tirta Mon Pase sedang sakit

    5
    0

    KEPALA Bagian Ekonomi Setda Aceh Utara, Halidi menyebutkan kondisi keuangan Perusahaan Daerah Aair Minum (PDAM) Tirta Mon Pase sedang  sakit.

    “Sekarang ini PDAM Tirta Mon Pase sedang dalam keadaan sakit,” kata Halidi dalam pertemuan Komisi C DPRK dengan para karyawan PDAM Tirta Mon Pase di gedung dewan Aceh Utara, Selasa, 7 April 2013.

    Kondisi tersebut terjadi, kata Halidi, karena PDAM milik Pemerintah Aceh Utara itu menjual air bersih kepada pelanggan di bawah biaya produksi. “Selam ini pihak PDAM menjual air untuk wilayah kota Lhokseumawe Rp3. 650 per meter kubik, untuk wilayah Aceh Utara Rp2.364 per meter kubik,” katanya.

    Seharusnya, kata Halidi, PDAM menjual air bersih sekitar Rp4.920 per meter kubik untuk pelanggan. Itu sebabnya, kata dia, PDAM mengalami kerugian senilai Rp8,6 miliar. Ia berharap perusahaan tersebut bisa segera sehat. “Perusahaan ini harus segera sehat, karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak,” kata Halidi.

    Sebelumnya diberitakan, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Utara melalui Komisi C menggelar pertemuan dengan puluhan karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mon Pase, Selasa, 7 Mei 2013. Pertemuan itu membahas tujuh bulan tunggakan gaji karyawan perusahaan pelat merah tersebut.[](iip)