Jokowi ‘Kerjai’ Paspampres yang Ikut Blusukan

GUBERNUR DKI yang juga sebagai presiden terpilih, Joko Widodo kembali blusukan dengan pengamanan Paspampres. Blusukan ini juga dilakukan Jokowi untuk melihat seperti apa saat personel Paspampres menghadapi warga.

"Saya juga mau lihat kalau masuk ke sini (Paspampres) kayak apa," kata Jokowi di sela blusukannya di Waduk Rawa Kendal, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (26/8/2014).

"Ya nggak ada apa-apa. Apa yang berubah? Yang kagok justru Paspampres," lanjut Jokowi sambil tersenyum.

Personel Paspampres ini selalu siaga mengawasi gerak-gerik Jokowi yang sedang blusukan. Mereka tampak sigap saat Jokowi meninjau pengerukan Waduk Rawa Kendal di Rorotan, Cilincing, jakarta Utara.

Paspampres menjaga agar Jokowi masih dalam jarak aman saat bertemu masyarakat. Tak jarang, warga yang antusias harus ditahan agar tidak terlalu dekat dengan Jokowi.

Sikap dingin anggota Paspampres yang selalu bungkam jika berbincang dengan awak media, kali ini berubah. Jokowi menodong Kepala Detasemen Paspampres Mayor Anan untuk mau menjawab beberapa pertanyaan media seputar teknis pengamanan.

"Kalian tanya saja sama orangnya langsung," kata Jokowi sambil memanggil Mayor Anan yang berperawakan tinggi besar dan cepak.

Mayor Anan adalah salah satu personel Paspampres yang masuk dalam pengamanan ring 1 Jokowi. Dia termasuk dalam 4 orang yang menjaga keamanan Jokowi dari jarak dekat.

Anan menjelaskan, Paspampres masih menyesuaikan diri dengan pola blusukan Jokowi. Mereka masih beradaptasi dengan kebiasaan Jokowi yang doyan bertemu dengan masyarakat, namun tetap bisa menjamin penuh keamanan.

"Pada dasarnya pas menyesuaikan keinginan Bapak, SOP yang kita pegang dilaksanakan dan prosedur dijaga betul," ujarnya.

Anan mengakui jika gaya blusukan Jokowi memang baru. Namun, Paspampres tidak akan kagok dalam menjalankan tugasnya.

"Ada simulasi (blusukan) kan," ucapnya.

Anan juga memastikan warga masih tetap bisa berfoto dengan Jokowi. Namun etika berfoto antara gubernur dengan presiden tentu akan berbeda jauh."Kalau diajak sangat berdekatan, ya tetap jaga kesopanan," ucapnya.

Selama Anan diwawancara, Jokowi hanya berdiri saja di belakang sambil tersenyum. Apalagi Anan tampak kikuk saat meladeni pertanyaan wartawan. | Sumber: detik.com

Leave a Reply