Jika Tidak Lolos Verifikasi, PBB Siap Ajukan Protes

JAKARTA – Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, akan mengajukan protes ke Komisi Pemilihan Umum jika partainya tak diloloskan ke Pemilu 2014 mendatang.

"Kan ini forum untuk kita melakukan klarisifikasi terhadap hal-hal yg perlu diklarifikasi," kata Yusril, di sela-sela memantau rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2014 di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin 7 Januari 2013.

Yusril merasa perlu melakukan klarifikasi kepada KPU jika partainya tak diloloskan, karena ada salah satu provinsi tak ada kepengurusan PBB. Sementara syarat lolos ke Pemilu 2014, harus memiliki kepengurusan di seluruh provinsi.

"PBB di Bali itu kurang dari satu anggota. Satu anggotanya orangnya sudah meninggal," ujar Yusril.

Yusril kemudian menceritakan, bahwa partainya sudah menyerahkan daftar kepengurusan pada Oktober, sementara KPU melakukan verifikasi faktual pada bulan Desember. "Tapi orangnya itu (pengurus PBB di Bali) meninggal bulan November, jadi dianggap tidak sah," kata dia.

Padahal, Yusril melanjutkan, itu sudah diklarifikasi oleh kepala daerah bahwa pengurusnya telah meninggal dunia. "Mestinya keberatan seperti ini diterima dan kita akan sampaikan dalam forum ini," ujar dia. | sumber : vivanews

Leave a Reply