Jawab Ultimatum Gubernur, Dirjen Otda ke Aceh

DIREKTUR Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Profesor Djohermansyah Djohan diagendakan datang ke Aceh. Kedatangan Djohermansyah terkait berakhirnya masa cooling down kelima antara Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat. 

Informasi yang diperoleh ATJEHPOST.com menyebutkan Djohermansyah tiba di Aceh pada Senin siang, 16 Juni 2014. 

Dikonfirmasi tentang ini, Kepala Biro Hukum Pemerintah Aceh Edrian mengatakan kemungkinan Djohermansyah ke Aceh dalam dua hari ini. "Bisa Minggu atau Senin," kata Edrian. 

Menurut Edrian, ia telah berkomunikasi melalui telepon dengan Djohermansyah terkait rencana kedatangannya ke Aceh. 

"Dua kali beliau telepon saya, terakhir tadi malam," kata Edrian kepada ATJEHPOST.com, Sabtu, 14 Juni 2014. 

Sumber ATJEHPOST.com di Pemerintah Aceh menyebutkan, sebenarnya Pemerintah Aceh telah diundang oleh Kementerian Dalam Negeri ke Jakarta pada 12 Juni 2014. Namun, Gubernur Zaini Abdullah menolak datang lantaran menganggap tak ada lagi yang perlu dibahas. 

Sumber itu juga menyebutkan, sebenarnya sudah ada tim dari Aceh yang berangkat ke Jakarta. Namun pertemuan batal digelar lantaran Gubernur Zaini menolaknya.

Pada 13 Juni 2014, Gubernur Zaini Abdullah menyurati Kementerian Dalam Negeri. Dalam surat itu, gubernur mengultimatum tak sudi memperpanjang masa cooling down seandainya Pemerintah Pusat tidak menyelesaikan tiga aturan turunan Undang-undang Pemerintahan Aceh. 

Mengutip Edrian, ketiga aturan turunan itu adalah: 

1. Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Kewenangan Pemerintah yang bersifat nasional di Aceh 

2. Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengelolaan Bersama Minyak dan Gas Bumi di Wilayah kewenangan Aceh 

3. Rancangan Peraturan Presiden tentang pengalihan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Aceh dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota menjadi perangkat Daerah Aceh dan Perangkat Daerah Kabupaten/Kota 

Dalam surat yang sama Gubernur Aceh juga meminta agar ketiga aturan itu selesai sebelum berakhirnya masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober mendatang.[] 

Leave a Reply