Jadi Wakil Aceh, Putri Tifani Usung Konsep Ekowisata

    19
    0

    Wakil Aceh di kontes Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2014 Putri Lailan Tifani rupanya tak hanya tertarik pada seni. Selain mahir menari, mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unsyiah itu juga sangat tertarik pada isu-isu lingkungan.

    Bahkan sejak masih SMA ia sudah mulai terlibat di kegiatan-kegiatan konservasi lingkungan yang dibuat di kota asalnya, Sabang.

    Setelah kuliah, Putri lantas memilih bergabung di Himpunan Mahasiswa Biologi. Di organisasi kampus itu kepeduliannya pada lingkungan semakin terpupuk. Apalagi himpunannya aktif dalam kegiatan konservasi penyu dan lingkungan.

    “Kami juga ada penanaman vegetasi pantai di kawasan pantai Syiah Kuala,” ujar Putri kepada ATJEHPOST.co, Senin 22 September 2014.

    Dalam waktu dekat ini Putri juga akan terlibat dalam proyek daur ulang sampah yang dibuat oleh BNI Sabang. Sampah-sampah yang tersebar di sejumlah pantai di Sabang akan dikumpulkan dan dikreasikan menjadi produk bernilai ekonomis.

    “Wakutnya belum kita tentukan tapi yang pasti dalam waktu dekat ini. Sabang memiliki banyak pantai dan tidak semua pengunjung buang sampah pada tempatnya, jadi sampah-sampah itu kita olah jadi produk yang memiliki nilai jual,” kata Putri.

    Putri akan tampil mewakili Aceh di ajang Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2014 yang dibuat di Jakarta pada 8-20 November 2014. Karena tertarik dengan isu lingkungan, Duta Wisata Sabang 2013 ini mengusung tema "ecotourism" dalam Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia nanti. Ekowisata merupakan kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan.

    "Di Sabang konservasi yang sedang digalakkan saat ini adalah terumbu karangnya," ujar penyuka mie Aceh ini.[]