Jadi Objek Wisata Bahari, Rumkital Sabang Sediakan Chamber Haipebery

    17
    0

    SABANG – Sebagai salah satu daerah tujuan wisata bahari di Indonesia dan dunia, Sabang memiliki intensitas penyelaman yang cukup tinggi. Mengimbangi hal tersebut, diperlukan alat penanganan pasca penyelaman bagi turis berupa Chamber Haipebery.

    "Untungnya, saat ini Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Sabang telah memiliki Chamber Haiperbery Standar Internasional 8 sit, yang akan diresmikan Oktober 2012 mendatang," kata Kepala Rumah Sakit AL J. Lilipory Sabang, Mayor Laut dr. Hisnindarsyah, kepada The Atjeh Post, Sabtu 15 September 2012.

    Menurut dia, alat ini berfungsi menetralisasi tekanan dalam tubuh yang biasa di alami oleh penyelam. Menurutnya, saat ini ada beberapa titik lokasi penyelaman di Sabang yang belum memiliki alat penanganan pasca penyelaman. Alat tersebut, kata dia, hanya ada di Lhokseumawe.

    "Padahal, resiko trauma pasca penyelaman jauh lebih besar terjadi di Sabang," ujarnya.

    Kata dia, Chamber merupakan alat khusus yang harus disediakan daerah pusat wisata seperti Sabang. Selama ini, banyak turis asing yang menanyakan alat ini sebelum melakukan penyelaman.

    "Syukurnya, saat ini kita sudah memiliki Chamber tersebut yang menjadi salah satu bebanggan kita. Karena tidak semua daerah memilikinya hingga akan menarik minat banyak turis dan Divinger," tuturnya.[]