Inilah Galeri Foto Perpustakaan Ali Hasjmy

Rumah Prof Ali Hasjmy Gubernur Aceh periode 1957-1964 ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman No 20. Disini kita akan menemukan rak-rak yang berisi buku-buku koleksi pribadi Ali Hasjmy, berbagai pajangan lukisan dan piagam-piagam yang pernah diraihnya.

Selain buku, dalam lemari-lemari juga menyimpan berbagai cinderamata dan plakat penghargaan yang pernah diperoleh oleh Ali Hasjmy.

Diruang Warisan Budaya Nek Puteh kita dapat melihat   benda budaya Aceh seperti pakaian Aceh, Jurai Aceh (kamar pengantin), dan ratusan benda keramik dalam bentuk piring hias dan telah berusia ratusan tahun.

Ada juga ruang Khazanah A. Hasjmy. Ini adalah ruang pribadi yang menggambarkan secara utuh sosok Ali Hasjmy. Di ruangan ini terdapat dokumen-dokumen sejak ia muda sampai ujung senja hidupnya. Juga ada radio, meja kerja dan pakaian dinas yang pernah dipakainya selama memangku jabatan sebagai Gubernur Aceh.

Terakhir Ruang Teknologi Tradisi Aceh. Dalam ruangan ini kita dapat menyaksikan Teumpeun Pande Meuh dan Teumpeun Pande Beusoe yang menggambarkan cara orang Aceh dulu dalam menempa emas, perak, dan suasa untuk menjadi hiasan, serta cara membuat rencong dan senjata tajam lainnya.

Berikut galeri foto Perpustakaan Ali Hasjmy:

Leave a Reply