Ini Penyesalan Kuntoro Pasca Purna Tugas di BRR Aceh-Nias

    28
    0

    MANTAN Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, Kuntoro Mangkusubroto, mengungkapkan salah satu penyesalannya selesai tugas di BRR. Apa hal yang disesalkan tersebut?

    “Yang saya sesalkan, apa yang saya bangun di Aceh, sistem yang saya tinggalkan, mereka tak lagi menggunakannya. Saya menyesal tak memberi mereka pemahaman terhadap sistem itu, sistem yang bisa membantu mereka untuk berkembang lebih jauh,” kata Kuntoro Mangkusubroto di forum jurnalis asing di Jakarta, seperti dikutip Atjehpost.Co dari tribunnews.com, Jumat 12 Desember 2014.

    Kata Kuntoro, pembangunan ekonomi yang berjalan lambat di Aceh justru berpangkal dari program pemulihan pasca bencana itu sendiri.

    “Apa yang terjadi di Aceh saat ini adalah sebuah proses normal pasca konflik berdarah. Paling nggak butuh 10 tahun untuk mereka belajar memerintah dengan baik,” ujar Kuntoro.

    Ia bahkan menuturkan, “Investasi yang kurang maju di Aceh menurut saya ada hubungannya dengan penerapan hukum syariah di sana. Para pengusaha besar berpikir ulang untuk masuk ke Aceh karena banyaknya batasan dalam hukum syariah.” | sumber: tribunnews.com