Ini penyebab gempa di Bener Meriah

PENYEBAB gempa darat di Bener Meriah akibat sesar atau patahan Sumatera. Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Meulaboh dan Nagan Raya Edy Darluthy kepada ATJEHPOSTcom, Selasa 2 Juli 2013.

Dia merincikan kekuatan gempa 6,2 skala richter di lokasi 4.70 Lintang Utara 96.61 Bujur Timur dengan jarak 35 kilometer barat daya kabupaten bener meriah. Kedalaman 10 kilometer.

"Gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami," ujarnya.

Pakar gempa LIPI Dr Danny Hilman Natawidjaja seperti dikutip detik.com mengatakan, ada dua patahan besar yang sejajar memanjang di Pulau Sumatera.

Patahan pertama adalah zona subduksi yang memanjang di laut Samudera Hindia sepanjang bagian barat Sumatera. Pergeseran zona subduksi ini yang menyebabkan gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004.

Patahan kedua adalah patahan Sumatera atau Semangko yang memanjang di tengah daratan Sumatera. Dari informasi bahwa pusat gempa 6,2 SR berada di daratan sekitar Bener Meriah dan Aceh Tengah, Danny menduga kemungkinan besar hal itu karena pergeseran patahan Sumatera ini.

"Yang jelas secara umum gempa itu bukan hal yang istimewa. Di situ sudah ratusan tahun nggak ada gempa besar, skala gempanya sekitar 6 SR. Apakah memang tipikalnya begitu atau energinya belum keluar ya belum tahu," kata Danny yang meneliti mengenai Patahan Sumatera dan Zona Subduksi ini.

Yang dimaksud gempa besar adalah 6,5 – 8 SR ke atas, sedangkan yang terjadi di Aceh hari ini adalah gempa sedang yang kisarannya 5-6,5 SR. Lebih dari 8 SR maka digolongkan gempa sangat besar.

"Kalau yang segmen Takengon (Aceh Tengah) ini sampai di daerah dekat-dekat Danau Toba itu," ujar Danny, Selasa 2 Juli 2013.[] (rz)

Leave a Reply