HUT ke-436 Aceh Tengah dimeriahkan atraksi pacuan kuda

    13
    0

    MENJELANG pelaksanaan pacuan kuda dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-436 Kota Takengon, beberapa persiapan tampak telah dilakukan oleh panitia. Menurut Plt. Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olah raga Kabupaten Aceh Tengah, Jakfar, SE, MM yang paling utama adalah berkenaan dengan persiapan teknis, seperti starting gate, lintasan kuda, dan perbaikan pagar pengaman lintasan.

    Selain itu, Jakfar menegaskan berbagai sarana pendukung juga sedang proses finishing, diantaranya mushala, penyediaan air bersih, toilet hingga kebersihan sekitar lapangan. "Kami kira 3 hari sebelum pelaksanaan seluruh pekerjaan telah dirampungkan," kata Jakfar pada saat rapat panitia, di Oproom Setkakab setempat, Jumat, 8 Februari 2013.

    Pelaksanaan Pacuan Kuda dilangsungkan selang sehari setelah peringatan hari ulang tahun Kuta Takengen yang jatuh pada tanggal 17 Februari, yaitu mulai dari 18 s.d 24 Februari 2013.  Momentum  peringatan 436  Kute Takengen tahun  2013 ini, juga akan menjadi satu    even dan arti tersendiri bagai Masyarakat  Aceh Tengh,   betapa tidak sesuai dengan  hasil pertemuan Bupati Aceh Tengah, Ir.H.Nasaruddin, MM  belum  lama ini di Jakarata, bila tidak  ada halangan, telah disepakati akan  hadir tiga menteri ke  Takengon-Aceh Tengah ini, yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan RB, Azwar Abubakar, Menteri Agama, Surya Dharma Ali, dan  Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin.

    Kehadiran  pejabat Negara  ke Kabupaten  penghasil Kopi Arabika  negeri di atas awan ini, adalah untuk meresmikan peningkatn Status, Penegerian  STAIN Gajah Putih Takengon,  Peresmian Pembukan Kantor Imigrasi  dan Peresmian Peningkatan Status  Studio Produksi RRI Takengn, menjadi Studio LPP RRI  Takengon, Tife-C.

    Ketiga  agenda  menteri ini, akan diabadikan dalam  penadatanganan  Prasasti, yang direncanakan akan dilaksanakan di Arena Lapangan Pacuan Kuda H. Mohd  Hasan Gayo Belang Bebangka  Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.

    Sementara itu, untuk memeriahkan penyelenggaraan  Pacuan Kuda HUT ke 346 Kute Takengon ini, Ketua Umum Panitia Pelaksana, Saib Nosarios mengatakan pihaknya terus menyosialisasikan kegiatan yang akan berlangsung melalui berbagai media,"Pacuan Kuda dalah acara rakyat, karena mari kita meriahkan even ini," ujarnya.

    Sekretaris Daerah Aceh Tengah, Drs. H. Taufik, MM mengharapkan kepada panitia agar dapat bekerja sebagai sebuah tim yang saling menjalin komunikasi dan koordinasi dengan baik.  Taufik mengingatkan kepada Panitia agar belajar dari pengalaman penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, sehingga Pacuan Kuda dalam rangka memperingati hari jadi kota Takengon tahun ini dapat berlangsung sukses dan lancar. "Semoga mulus dari awal hingga akhir," katanya.

    Pacuan kuda dalam rangka HUT kute  Takengon telah rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2011 lalu, dan hal ini membuat penyelenggaraan even pacuan kuda didataran tinggi gayo itu berlangsung 2 (dua)  kali dalam setahun, sebelumnya dilaksanakan hanya dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan di bulan Agustus.[]