Hingga Akhir Tahun, 11 Ribu Anak Yatim di Aceh Belum Terima Beasiswa

    21
    0

    SEBANYAK 11 ribu lebih anak yatim di Aceh dikabarkan belum memberi beasiswa pendidikan untuk tahun 2014. Padahal, program beasiswa anak yatim merupakan salah satu program prioritas dari pemerintahan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf.

    Informasi yang diperoleh ATJEHPOSTcom, terlambatnya pendistribusian beasiswa ini mengakibatkan sejumlah anak yatim di Aceh kesulitan untuk menempuh pendidikan.

    “Biasanya, kami menerima beasiswa per 3 bulan sekali. Namun semasa Anas M. Adam selalu terlambat. Bahkan untuk tahun ini, sudah bulan 8 belum juga disalurkan,” ujar Nurdin, salah seorang wali penerima beasiswa anak yatim kepada ATJEHPOSTcom, Kamis 7 Agustus 2014.

    Menurutnya, beasiswa ini disalurkan melalui Dinas Pendidikan Aceh. Per anak yatim mendapatkan beasiswa sebesar Rp1.800.000 pertahun.

    Karena persoalan terlambatan ini, kata dia, berbagai keperluan sekolah anak yatim, tersendat.

    “Kami terpaksa mengutang kini-kanan untuk memenuhi keperluan saudara kami yang tidak lagi memeliki orang tuanya. Padahal, jika beasiswa ini dicairkan maka akan sangat membantu,” ujar dia.

    Terkait hal ini, Nurdin mengharapkan Pemerintah Aceh segera mencairkan beasiswa anak yatim.

    “Saya yakin, bukan hanya kami yang mengharapkan hal ini, tetapi ribuan anak yatim lain juga mengharapkan hal yang sama,” kata Nurdin.

    Laporan Zurkarnaini