Heboh Kabar Hoax BJ Habibie Meninggal Dunia

    15
    0

    Dalam beberapa hari ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar meninggalnya mantan Presiden RI ketiga BJ Habibie. Dalam sebulan terakhir BJ Habibie memang sempat keluar masuk rumah sakit. Ia sempat dirawat di RSPAD Jakarta.

    Bahkan Presiden Joko Widodo bersama istri Iriana pun sempat menjenguknya. Namun entah dari mana kabar tersebut awalnya berembus.

    Terkait hal ini ada kejadian menarik yang terjadi dalam rapat paripurna DPR RI kemarin, Selasa 2 Desember 2014. Mengutip lansiran Liputan6, di akhir penutupan agenda pertama penyerahan ikhtisar hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan semester I 2014, tiba-tiba ada salah seorang anggota dewan yang interupsi.

    "Intrupsi pimpinan, sebelum ditutup, mari kita berdoa untuk almarhum BJ Habibie. Baru dapat kabar beliau meninggal dunia," celetuk anggota dewan tersebut di hadapan Pimpinan DPR dan anggota lainnya.

    Celetukan tersebut langsung membuat suasana sidang ramai dan gaduh.  "Ah, itu berita tidak benar, dicek dulu," kata seorang anggota dewan lainnya.

    Lalu anggota DPR lain yang tidak terima langsung menyahut. "Jangan asal ngomong, diperiksa dulu. Bohong itu," tegas dia.

    Namun akhirnya suasana ruangan kembali tenang ketika pimpinan DPR sekaligus Ketua Rapat Paripurna itu melanjutkan agenda kedua setelah skorsing ditutup selama 5 menit.

    Kabar mengenai meninggalnya BJ Habibie hanyalah berita hoax. Sekretaris pribadinya, Rubijanto, telah mengklarifikasi hal tersebut. Meski sempat dirawat di rumah sakit, kondisi Habibie kini dalam keadaan segar bugar.

    "Kami konfirmasikan bahwa kondisi kesehatan Bapak BJ Habibie sehat wal'afiat memang masih labil pasca perawatan di RSPAD," ujar Rubianto, seperti diberitakan Tribunnews.

    Rubijanto memaparkan BJ Habibie masih dalam pengawasan yang ketat oleh Tim Dokter Kepresidenan. Saat ini BJ Habibie masih diharuskan istirahat penuh dikediaman. 

    "Belum dapat kami jadwalkan aktivitas baik menerima kunjungan tamu maupun aktifitas di luar kediaman," jelas Rubijanto.

    Beredarnya kabar ini langsung menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari tingginya penelusuran untuk pencarian dengan kata kunci BJ Habibie di indeks Google Trends Indonesia. BJ Habibie menempati urutan pertama dengan penelusuran lebih dari 10.000.[]