Guru SD Terpencil Aceh Utara Pertanyakan Tunjangan Khusus 2014

    23
    0

    Guru di SD Persiapan Negeri 13 Langkahan, Aceh Utara mempertanyakan dana tunjangan khusus untuk tahun 2014 dari pemerintah yang tak kunjung cair. Padahal pada tahun 2012 dan 2013 lalu, tunjangan tersebut cair.

    “Sesuai arahan Disdik Kabupaten, hal itu disuruh pertanyakan ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD). Dikatakan UPTD, kami tidak cukup jam mengajar. Padahal itu tidak ada hubungannya dengan tunjangan khusus karena berbeda dengan dana sertifikasi,” ujar Kepala SD Persiapan Negeri 13 Langkahan, Sukardi S.Pd.

    Sukardi adalah salah satu guru yang pernah menerima penghargaan dari Menteri Pendidikan karena dinilai berdedikasi bagus di daerah terpencil. Dia mengatakan pihaknya telah bertanya ke Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, namun diarahkan kembali ke kabupaten.

    Menurut Sukardi, pada tahun 2012, ia dan lima guru lainnya telah menerima tunjangan khusus tersebut. Untuk guru PNS menerima satu kali gaji pokok per bulan, sedangkan untuk guru non PNS sebesar Rp1,5juta. Sedangkan pada tahun 2013 hanya dua guru yang menerima tunjangan tersebut.

    “Anehnya tahun ini tidak ada guru SD Persiapan Negeri 13 Langkahan yang menerima tunjangan itu. Padahal sekolah kita termasuk paling terpencil. Sementara jumlah guru penerima tunjangan khusus di Aceh Utara mencapai 500 orang. Menurut pengakuan guru di sekolah terpencil lainnya, mereka telah menerima tunjangan itu untuk triwulan I tahun 2014,” ujar Sukardi.[]