Guru di Nagan belum terima tunjangan sertifikasi tahun 2012

    19
    0

    SALAH satu guru di SMA Negeri 1 Seunagan, Jeuram, Nagan Raya mengeluhkan kebijakan pemerintah terkait penyaluran dana tunjangan guru bersertifikasi di daerah tersebut. Dana tunjangan sertifikasi yang berhak diterima tahun 2012 tersebut, sama sekali belum dikucurkan sejak Juli 2013 hingga 1 Januari 2013.

    Menurut dia, kondisi tersebut sudah ditanyakan kepada Dinas Pendidikan Nagan Raya masa kepemimpinan Said Mahdi. “Saat saya tanyakan ke Dinas Pendidikan Nagan Raya jawabannya uang belum dikirim dari Pusat ke rekening bupati atau pemerintah kabupaten. Saya masih meragukan jawaban pihak dinas waktu itu," kata dia, Kamis 4 April 2013.

    Dia mengatakan sengaja tidak membeberkan nama asli ke media karena takut dirinya akan ditarik ke dinas sebagai pejabat struktural, "otomatis hak dana sertifikasi saya dicabut karena tidak lagi berstatus guru sertifikasi,” kata pria yang mengajar bidang studi PPKN ini.

    Guru ini mengaku bingung harus bertindak bagaimana. Soalnya, kata dia, berdasarkan pengalaman temannya yang mengalami hal serupa, ditarik ke dinas usai mengadukan nasib yang dialaminya.

    "Jadi saya saat ini bingung harus bagaimana. Karena untuk menanyakan ke Kemendiknas atau Kemenkeu tidak ada akses ke lembaga itu dan tidak mungkin saya ke Jakarta. Padahal, keluhan serupa dialami oleh sekitar 400 lebih guru bersertifikasi di Nagan,” kata dia.[](bna)