Gunung Lokon meletus lagi

    23
    0

    KEMBALI Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, menggeliat pada pukul 05.10 Wita, Senin 25 Maret 2013. Gunung yang memiliki tinggi 1.580 meter itu mengeluarkan bunyi dentuman keras hingga mengeluarkan material pijar setinggi 2 kilometer.

    Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Hoyke Makarawung, dalam pesan singkatnya, abu letusan gunung lokon condong tertiup angin ke arah tenggara dan selatan. "Itu di daerah Tara-tara dan sekitarnya," kata Hoyke.

    Hoyke menuturkan, hingga pagi ini, hembusan abu dan asap gunung itu masih berlangsung. Pembagian masker kepada masyarakat Kota Tomohon juga sedang dilakukan pihak BPBD Provinsi Sulawesi Utara bersama BPBD Kota Tomohon. "Kami tatap berkoordinasi dengan pihak BPBD Kota Tomohon dan instansi terkait," ujar Hoyke.

    Ia juga mengimbau warga Kota Tomohon untuk tidak panik. Namun radius 2.5 kilometer yang terhitung dari kawah Tompaluan gunung itu, warga dilarang untuk beraktivitas. "Rekomendasi dari pos pemantau PVMBG di Tomohon, warga dilarang beraktivitas dalam radius itu," ujar Hoyke. | sumber : viva