Gugatan Darni Daud, Kemendikbud belum terima putusan pengadilan

    14
    0

    KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan hingga saat ini belum menerima salinan putusan tingkat banding dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) soal gugatan mantan Rektor Unsyiah Darni Daud terhadap kementerian.

    "Sampai saat ini kita belum terima putusannya. Kuasa hukum kita belum terima putusannya," ujar Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemendikbud, Muslikh, kepada ATJEHPOSTcom, Selasa 22 Juli 2013.

    Muslikh tidak bisa bisa berkomentar banyak karena salinan putusan sendiri belum mereka terima.

    Sebelumnya, kuasa hukum Darni Daud, Yusril Ihza Mahendra, mengatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan harus segera mengembalikan jabatan rektor Unsyiah kepada Darni Daud.

    Yusril mengatakan putusan PTTUN Jakarta sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. Dia mengatakan PTTUN Jakarta telah menolak permohonan kasasi dari Kemendikbud karena tidak memenuhi syarat formal karena telah lewat waktu. "Akibatnya hak untuk mengajukan permohonan kasasi menjadi gugur dan tidak dapat diterima," kata Yusril.

    Penulusuran ATJEHPOSTcom di website PTTUN Jakarta, majelis hakim sudah mengeluarkan putusan tingkat banding dalam sengketa tata usaha negara itu. Perkara dengan nomor registrasi 40/B/2013/PT.TUN.JKT diputus pada tanggal 1 Mei 2013. Amar putusannya adalah majelis hakim menguatkan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang memenangkan Darni Daud.

    Sebelumnya, pada 10 Desember 2013, PTUN Jakarta telah mengeluarkan putusan atas gugatan Darni Daud dengan nomor 103/6/2012/PTUN-JKT. Darni menggugat Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137/MPK.A4/KP/2012 yang memberhentikan dirinya dari jabatan Rektor Unsyiah. Darni mengatakan yang berhak memberhentikan dia adalah Presiden, bukan menteri, karena sebelumnya dia dilantik dengan Keputusan Presiden. []