Google Trends: Adian Napitupulu, Maya Angelou, Kate Middleton, Edge of Tomorrow dan SBMPTN

Suhu politik di Indonesia menjelang pemilihan Presiden RI periode 2014-2019 pada Juli mendatang kian memanas saja. Hal ini terlihat dari kata kunci yang menempati posisi tertinggi di Google Trends.

Google Trends merupakan grafik statistik pencarian Web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu.

Hari ini misalnya, Minggu 1 Juni 2014 pencarian dengan kata kunci "Adian Napitupulu" menempati posisi teratas di Google Trends. Kader PDI P ini dicari lebih dari sepuluh ribu pengguna internet di Indonesia.  Penelusuran atjehpost.com kata kunci Adian Napitupulu menempati posisi teratas di Google Trends sejak Kamis, 29 Mei 2014.

Pencarian mengenai sosok mantan aktivis ‘98’ ini melonjak drastis sejak kemunculannya di program Mata Najwa pada Rabu malam, 28 Mei 2014 lalu. Dalam tayangan itu Adian hadir mewakili kubu calon presiden Joko Widodo. Jawaban Adian yang dianggap menyindir Prabowo yang membuat namanya jadi trending topic di Google. (Selengkapnya baca: Adian Napitupulu Tempati Posisi Teratas di Google Trends, Siapa Dia?)

Penelusuran kedua tertinggi masih untuk kata kunci Maya Angelo, penulis Afrika Amerika yang mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu lalu di Amerika. Selain sebagai penulis, Maya juga dikenal sebagai salah satu pegiat HAM. Salah satu karyanya yang paling menyentuh hati adalah memoar tentang "I Know Why the Caged Bird Sings". (Baca: Puisi Maya Angelou yang Menyentuh Hati)

Selain dua penelusuran di atas, pengguna internet di Indonesia masih penasaran dengan insiden tersingkapnya rok istri Pangeran Williams, Kate Middleton. Setidaknya sampai hari ini pencarian kata kunci ‘Kate Middleton’ masih menempati posisi ketiga di Google Trends, dengan total pencarian lebih dari lima ribu. (Baca: Rok Tersingkap Kate Middleton Picu Perang Media Inggris dan Australia)

Film Edge of Tomorrow yang dibintangi Tom Cruise menempati posisi berikutnya. Film yang mulai diputar di bioskop pada 6 Juni mendatang ini bercerita tentang kisah perjuangan seorang perwira yang melawan sekelompok alien.

Doug Liman, sang sutradara, mengangkat film ini berdasar buku karya Hiroshi Sakurazaka yang berjudul All You Need Is Kill. (Selengkapnya baca: Trailer Edge of Tomorrow yang Dibilang Lucu oleh Tom Cruise)

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional menduduki posisi terakhir pencarian paling populer di Google. Walaupun menempati urutan paling bawah, jumlah pencari kata kunci ini paling tinggi mencapai lima puluh ribu lebih penelusuran. (Baca: SBMPTN 2014 Berbeda dengan 2013, Cek Informasi di Sini!)[]

Leave a Reply