Google Pasang Logo Olimpiade Sochi 2014

    21
    0

    GOOGLE memasang logo Olympic Charter atau Piagam Olimpiade, menandai digelarnya Olimpiade Musim Dingin (Olympic Winter Games) 2014. Tahun ini olimpiade tersebut digelar di Kota Sochi, Rusia. Di bawah logo warna-warni tersebut Google turut membubuhkan isi Piagam Olimpiade terkait kesetaraan dalam berolahraga.

    Piagam ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 1908, berjudul  Annuaire du Comité International Olympique. Beberapa peraturan yang tertuang dalam piagam pertama ini ditulis oleh Pierre de Coubertin sekitar tahun 1898. Ia seorang guru dan sejarawan Prancis, namun paling dikenal sebagai penemu olimpiade modern.

    Upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014 dijadwalkan berlangsung hari ini 7 Februari 2014. Sekjen PBB Ban Ki-moon direncanakan menghadiri seremoni tersebut dan menyampaikan pidatonya dalam sidang Komite Olimpiade Internasional. Acara ini sendiri mulai berlangsung sejak Kamis, 6 Februari hingga 23 Februari 2013 mendatang.

    Ada 98 pertandingan dalam 15 cabang olahraga musim dingin yang dipertandingkan dalam ajang ini. Olimpiade Sochi merupakan olimpiade pertama yang diselenggarakan di Rusia sejak pembuburan Uni Soviet tahun 1991 silam. Sebelumnya Rusia pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun 1980 di Moskow.

    Olimpiade ini disebut-sebut sebagai olimpiade termahal dalam sejarah, karena menghabiskan anggaran sebesar US$51 lebih. Penyelenggarakan olimpiade ini ditengarai menuai sejumlah kontroversi, termasuk protes tentang perlakuan Rusia yang dianggap belum ramah pada kaum LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) dalam penyelenggaraan olimpiade.

    Slogan yang dipakai untuk olimpiade kali ini adalah Hot. Cool. Yours. Diikuti 88 negara peserta dan dibuka oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.  

    Sochi 2014 menjadi olimpiade pertama yang menerapkan larangan merokok. Semua gelanggang olahraga, bar, restoran, dan tempat umum lainnya akan bebas asap rokok selama olimpiade berlangsung.[]