GeRAK Aceh: Mengapa Mobil Damkar Dibeli di Swedia?

    15
    0

    GERAKAN Anti Korupsi (GeRAK) Aceh mendesak Gubernur Zaini untuk menjelaskan dana anggaran yang dikucurkan sebesar Rp16,8 miliar untuk pembelian mobil pemadam kebakaran canggih dari Swedia. GeRAK menilai hal ini penting untuk menghindari tudingan miring dari masyarakat.

    "Kami curiga dengan dana sebesar itu sebab jumlah anggaran itu sangatlah fantastis. Untuk itu kami meminta kepada Gubernur untuk mempublikasikan harga itu ke publik dengan menjelaskannya secara rinci supaya jangan ada persepsi aneh dan fitnah dari masyarakat nanti," ujar Askhalani, Koordinator GeRAK Aceh kepada ATJEHPOST.co di Banda Aceh, Kamis, 18 Desember 2014.

    Ia berharap Gubernur Zaini mampu mempertanggungjawabkan jumlah anggaran yang dikucurkan untuk membeli mobil pemadam kebakaran tersebut. Pasalnya, katanya lagi, dana yang dikucurkan sebesar itu sangat sarat dengan KKN.

    "Seharusnya dana itu bisa digunakan untuk kepentingan lainnya seperti pemberian bantuan bagi janda dan yatim korban konflik," ujarnya.

    Selain itu, Askhalani juga meminta penjelasan dari Gubernur Zaini mengapa mobil super canggih itu dibeli dari Swedia?

    "Itu yang harus dijelaskan oleh Gubernur Aceh. Jangan mentang-mentang dia pernah tinggal di sana sehingga bisa beralasan kalau mobil itu dibeli di sana. Atau jangan-jangan ada kerjasama kong kali kong antara Gubernur dengan kerabatnya di sana. Itu kan wajar kita beranggapan demikian sebab penjelasan ini harus bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.[]