Gempa 5,3 SR Guncang Maluku Utara

MOROTAI – Sebagian warga di Pulau Morotai, Maluku Utara, dikagetkan dengan gempa bumi, Jumat 7 September 2012. Gempa magma berkekuatan 5,3 Skala Richter terjadi pada pukul 21.30 WIT terpusat di bagian Barat Laut Pulau Morotai.

Badan Meteorologi dan Geofisika Ternate merilis pusat gempa dengan kedalaman 126 kilometer di lokasi 2.39 Lintang Utara dan 128.04 Bujur Timur atau tepatnya 43 kilometer Barat Laut Pulau Morotai.

"Getarannya dirasakan di Morotai dan di Tobelo (Halmahera Utara)," ujar Aryo Fauji, Kepala BMG Ternate, Jumat.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Menurut Aryo, pusat gempa di Barat Laut Pulau Morotai ini sering terjadi. Artinya, di tempat yang sama juga pernah terjadi gempa pada beberapa waktu lalu.

"Memang daerah kita ini cukup aktif gempa karena daerah kita merupakan daerah pertemuan lempeng tektonik pasifik terhadap eurasia," ujar Aryo.

Sementara itu, getaran gempa sempat mengagetkan sebagian warga Morotai. Tetapi ada warga yang mengaku tak merasakan sama sekali. Warga yang merasakan getaran tersebut bahkan ada yang sampai keluar dari rumah lantaran takut terjadi sesuatu.

"Tadi tanah goyang (gempa bumi) kalian tidak merasakannya?" ujar Firman, warga Tanah Tinggi, Morotai Selatan, kepada warga yang tengah berada di luar rumah.

Firman nampak terkejut dengan kejadian itu. Namun kebanyakan warga yang berada di luar rumah justru mengaku tak merasakannya sama sekali.

"Oh gempa ya? Saya tidak merasakannya. Mungkin karena saya sedang asyik bercerita," sahut Iwan, warga lainnya yang mengaku tak merasakan gempa berkekuatan 5,3 SR itu. | sumber: kompas

Leave a Reply