Fosil Kuda Ini Ungkap Sistem Reproduksi Kuda Kuno

    17
    0

    Fosil kuda kuno Eurohippus messelensis berusia sekitar 47 juta tahun yang ditemukan para peneliti, memiliki sistem reproduksi mirip kuda modern.

    Ukuran dan anatomi tubuh kuda amat berbeda. Ukuran kuda kuno kecil, seukuran rubah atau anjing fox terrier yang tingginya hanya 20 – 28 sentimeter dan berat 1,4 – 3,2 kilogram. Kuda kuno memiliki empat jari di kaki depan dan tiga jari di kaki belakang, sedangkan kuda modern punya satu jari di setiap kaki.

    Kesimpulan itu berdasarkan studi yang dilakukan tim dari Senckenberg Research Institute Frankfurt, Jerman, dipimpin Jens Lorenz Franzen. Fosil tersebut telah ditemukan pada 2000 di situs Messel Pit di Jerman. Pada 2009, mereka meneliti spesimen dengan sinar X mikro.

    Menurut hasil analisis, ada struktur penghubung rahim ke arah tulang belakang. Struktur ini menunjukkan ada janin kuda sedang berkembang dan akan lahir karena ada struktur gigi. Selain itu, bagian luar dinding rahim kusut, sama dengan rahim kuda modern.

    Hal itu dipaparkan Franzen pada pertemuan tahunan Society of Vertebrate Paleontology di Berlin, Kamis (6/11).[] sumber: national geographic